PROPOSAL BISNIS KEWIRAUSAHAAN SINGKONG DURIAN "KERIPIK SIREN"

PROPOSAL BISNIS KEWIRAUSAHAAN

Produksi Keripik Singkong Durian

Dosen Pengampu : Turjangun





Disusun oleh :

Nahda Sania Putri                                    (63010190121)

Lisa Dwi Savitri                                        (63010190123)

Soleh Pidias Safitri                                  (63010190129)

Rahmasyaidah Anggraini                       (63010190130)

 



 

PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA




2021




KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul Bisnis Keripik Singkong Durian. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan besar kita Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan kepada kita jalan yang lurus berupa ajaran agama islam yang sempurna.

Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah Kewirausahaan, Turjangun. Tak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan atas bimbingan dan arahan dalam penulisan makalah ini, juga kepada rekan-rekan mahasiswa yang telah mendukung sehingga makalah ini dapat diselesaikan. Makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Kritik dan saran yang membangun sangat dibutuhkan untuk kesempurnaan makalah ini kedepannya agar menjadi lebih baik lagi

Demikan makalah ini, semoga dapat bermanfaat bagi penulis dan yang membacanya, sehingga menambah wawasan dan pengetahuan tentang penulisan ini.

 

                                                   Salatiga, 7 Oktober 2021

                                                                                                              

                                                                                                            Penulis

                  


DAFTAR ISI

 

Contents

KATA PENGANTAR.. i

DAFTAR ISI. ii

BAB I PENDAHULUAN.. 1

A.   Latar Belakang. 1

B.    Rumusan Masalah. 1

C.    Tujuan. 1

BAB II PEMBAHASAN.. 3

A.   Latar Belakang Usaha. 3

        a)     Profil Usaha. 3

        b)    Visi dan Misi 3

        c)     Struktur Organisasi 3

        d)    Tugas Wewenang dan Tanggung Jawab. 3

B.    Rencana Usaha. 4

        a)     Rencana Jangka Pendek. 4

        b)    Rencana Jangka Menengah. 4

        c)     Rencana Jangka Panjang. 5

C.    Wawancara. 5

D.   Aspek Produksi 6

        a)     Produk. 6

        b)    Rencana Produksi 6

        c)     Proses Produksi 7

        d)    Cara Pembuatan Keripik Singkong. 8

E.    Aspek Lingkungan. 9

        a)     Tempat Usaha. 9

        b)    Analisis Strategi Pemasaran (STP) 9

F.    Aspek Pemasaran. 10

        a)     Target Pasar 10

        b)    Pesaing/Kompetitor 10

        c)     Sasaran Pembeli 10

        d)    Strategi Pemasaran. 10

G.   Aspek Keuangan. 11

        a)     Harga. 11

        b)    Modal Awal 11

        c)     Kebutuhan Peralatan. 12

        d)    Pendapatan. 12

BAB III PENUTUP. 14

A.   Kesimpulan. 14

B.    Saran 

 

                                                                                                    

                                                                                                                      

                                                                 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang

Di masa sekarang ini dimana masyarakat kita sudah sangat kritis terhadap mutu makanan yang sehat terutama makanan yang bersifat cemilan atau jajanan ringan. Terlebih di dalam kebiasaan masyarakat yang dimana saat mengerjakan suatu pekerjaan atau aktivitas, hobi atau bahkan saat waktu istirahat pun biasanya tidak terpisahkan dari yang namanya cemilan atau jajanan ringan yang biasa dibeli dalam bentuk kemasan dari berbagai toko-toko, retail, supermarket atau bahkan dari stand atau kios yang sering berada di pinggir jalan. Untuk itu kami bermaksud untuk membuat satu macam cemilan keripik yang berbahan dasar dari singkong yang aman untuk dikonsumsi karena higienis, bebas bahan pengawet dan bersih dalam proses produksi serta tentu saja harus berharga terjangkau oleh masyarakat pada umumnya.

Dari uraian diatas maka kami memilih untuk memproduksi serta mengembangkan bisnis keripik singkong dengan rasa durian dalam kemasan yang bisa disuplai ke warung atau toko yang bekerja sama atau bisa dijual sendiri. Sengaja kami memilih durian dan singkong sebagai bahan baku karena singkong durian ini masih jarang dikenal dan rasanya sebagian besar sangat digemari dan disukai oleh masyarakat kita. Dengan alasan tersebut diatas akhirnya kami memutuskan untuk merintis usaha keripik singkong dalam kemasan yang diberi nama dengan keripik singkong durian “SIREN” dengan harapan semua konsumen yang memakan cemilan produksi kami akan merasakan kesenangan dan semangat yang maksimal dalam menjalankan aktivitasnya.

B.     Rumusan Masalah

1.      Apa itu Keripik Siren?

2.      Bagaimana rencana usaha keripik Siren?

3.      Bagaimana aspek produksi keripik Siren?

4.      Bagaimana aspek lingkungan keripik Siren?

5.      Bagaimana aspek pemasaran keripik Siren?

6.      Bagaimana aspek keuangan keripik Siren?

C.    Tujuan

1.      Untuk mengetahui profil usaha keripik Siren

2.      Untuk mengetahui rencana usaha keripik Siren

3.      Untuk mengetahui aspek produksi keripik Siren

4.      Untuk mengetahui aspek lingkungan keripik Siren

5.      Untuk mengetahui aspek pemasaran keripik Siren

6.      Untuk mengetahui aspek keuangan keripik Siren


BAB II

PEMBAHASAN

 

A.    Latar Belakang Usaha

a)      Profil Usaha

Nama usaha                  :   Keripik Siren

Jenis usaha                    :   Jajanan atau cemilan

Alamat                          :   Tuntang, Kab. Semarang, Jawa Tengah

Pemilik                         :   Nahda Sania Putri, Lisa Dwi Savitri, Soleh Pidias Safitri, Rahmasyaidah Anggraini

No. Telp                        :    +6283847975262

Instagram                      :    keripiksiren_sltg

b)      Visi dan Misi

Visi

Menciptakan sebuah merk dagang yang kompetitif dengan mutu kualitas yang terbaik

Misi

1.         Memberikan hasil produksi dengan mutu yang terbaik kepada masyarakat

2.         Menggunakan bahan baku berkualitas dalam memproduksi keripik rasa durian

3.         Menggunakan bahan baku berkualitas dalam memproduksi keripik

4.         Selalu menjaga kualitas produk demi kepuasan konsumen

5.         Selalu memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen

c)      Struktur Organisasi

Manajer                       :   Soleh Pidias Safitri

Bagian Produksi          :   Lisa Dwi Savitri

Bagian Pemasaran      :   Rahmasyaidah Anggraini

Bagian Keuangan        :   Nahda Sania Putri

d)      Tugas Wewenang dan Tanggung Jawab

·      Manajer

Manajer perusahaan bertanggung jawab penuh terhadap seluruh kegiatan yang ada dalam yaitu menentukan penetapan harga jual produk, menentukan jumlah kapasitas produksi keripik singkong. Mengawasi kinerja di masing-masing unit. Memeriksa dan mengawasi ketersediaan bahan baku, termasuk juga mengatasi dan mengawasi hal-hal yang berhubungan dengan pemasok.

·      Bagian Produksi

Tugas bagian produksi bertanggung jawab secara keseluruhan terhadap kegiatan proses produksi. Tugas dari bagian produksi, diantaranya melakukan kegiatan produksi, bertanggung jawab terhadap kualitas input dan output. Selain itu juga ikut berkordinasi kepada manjer dalam penentapan harga jual produk, masalah-masalah dalam produksi dan juga membuat perencanaan dan menentukan siklus produksi.

·      Bagian Pemasaran

Bagian pemasaran bertanggung jawab terhadap kegiatan pemasaran produk. Tugasnya adalah melakukan pencatatan transaksi penjualan dan pembelian produk kepada konsumen, melakukan sortasi dan pengemasan produk dan mengirim produk kepada konsumen serta menagih uang langsung ke konsumen, dan membuat konten untuk promosi disosial media.

·      Bagian Keuangan

Bagian administrasi bertanggung jawab dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan. Tugasnya adalah melakukan pencatatan transaksi penjualan dan pembelian, serta membuat pembukuan keuangan bulanan dan tahunan.

B.     Rencana Usaha

a)      Rencana Jangka Pendek

Usaha produksi keripik singkong ini bertujuan untuk melatih kami sebagai produsenuntuk bagaimana membangun dan merintis sebuah usaha dengan baik sehingga dapatmenghasilkan hasil produksi dengan kualitas yang terbaik, dalam artian jugamenambah keilmuan kami dalam berwirausaha mandiri. Diharapkan juga secepatnyauntuk mencapai balik modal atau Break Event Point (BEP).

b)      Rencana Jangka Menengah

Usaha produksi keripik singkong ini diharapkan untuk menghasilkan profit keuntungan yang besar serta merebut perhatian masyarakat untuk dapat menjadi produk pilihan yang mereka beli dan konsumsi.

c)      Rencana Jangka Panjang

Untuk kedepannya kami akan melihat bagaimana tanggapan masyarakat atas hasil produksi kami karena akan menjadi dasar pemikiran kami untuk opsi menambah rasa keripik yang lain seperti keripik singkong rasa original (asin), bbq, keju, balado dan sebagainya sehingga dengan semakin banyaknya macam-macam dari rasa keripik ini makadiharapkan dapat menghasilkan keuntungan yang semakin besar. Untuk segi distribusi tentu saja kami akan selalu mencari celah pemasaran yang semakin luas demi untuk memperbesar jumlah hasil penjualan produk.

C.    Wawancara

Kami terjun langsung ke lapangan untuk menggali informasi terkait singkong yang ditanam oleh salah satu petani singkong di daerah Pilang, Masaran,  Kab. Sragen pada tanggal 2 Oktober 2021 yang bernama Mbah Iman Sumarto. Berikut hasil wawancara kami dengan Mbah Iman :

            Dias         : “Mbah, kapan memulai menanam singkong ?”

Mbah      : “Saya menanam singkong sudah 2 tahun lalu selanjutnya langsung saya panen dan saya jual perkilo Rp 4.000 kalau yang dulu mendapatkan uang Rp 4.000.000 yang kedua ini saya ketagihan untuk menanam lagi disini, saya ini lebih banyak lagi dari pada yang dulu sebabnya singkong itu banyak yang membeli entah orang desa atau orang lain yang beli. Sebab singkong itu makanan yang banyak gizi.”

Dias    : “Susah senangnya menanam singkong itu apa? Susah dan gampangnya menanam singkong.”

Mbah     : “Susahnya menanam singkong itu kalau musim hujan, singkong saat waktu panen banyak penghujan banyak yang busuk sebab yang dulu tidak saya rawat dengan baik maka sekarang saya rawat dengan baik maka sekarang tidak terlalu terkena air hujan nanti biar tidak busuk, karena kalau busuk bisa rugi, sekarang sudah saya rawat dengan baik apabila musim penghujan ada beberapa yang baik bisa di panen.”

Dias       : “Kenapa Mbah Kakung mempunyai pemikiran memilih untuk menanam singkong tidak menanam yang lain ?”

Mbah       : “Itu sebabnya sawah saya sudah ditanami dan subur, kalau yang ada di ladang juga subur dan sudah ditanami tanaman palawija (makanan pokok) tanaman tersebut tidak membutuhkan banyak air, air juga tidak dapat tergenang di sekitar tanaman karena itu di ladang.”

            Dias           : “Ini kalau dijual berapa ya Mbah ?”

            Mbah        : “Ini kalau dijual singkongnya sekitar Rp. 5.000 lebar 1.500m².”

            Dias           :  “Kalau menjual itu dimna Mbah ?”

Mbah       : “Kalau menjualnya biasanya sudah diambil langsung sama pengepul, pemborong, penjual gethuk dan lainnya. Tapi untuk pemanenan selanjutnya akan saya jual ke peternak hewan (peternak lembu/sapi).”

D.    Aspek Produksi

a)      Produk

Produk yang kami produksi memiliki bermacam- macam rasa yaitu

1. Keripik singkong rasa durian

2. Keripik singkong rasa original

Produk kami dibuat dengan tingkat higienis dan kebersihan yang tinggi serta tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang dapat merusak kesehatan seperti borax, formalin, pewarna buatan ataupun bahan berbahaya yang lain dan yang pasti 100% halal.

b)      Rencana Produksi

·      Desain Produk

Kami akan membuat desain kemasan yang sedapat mungkin menarik dan praktis untuk dibawa-bawa sehingga dapat menjadi pilihan para konsumen produk kami.

·      Tempat Usaha

Sementara ini kami menggunakan salah satu rumah owner sebagai tempat stok barang sehingga bila ada konsumen yang mau membeli maka kami langsung antar keripik tersebut ke konsumen tersebut. Kedepannya diharapkan apabila negosiasi telah tercapai dengan pihak koperasi mahasiswa (kopma fatawa) kami akan langsung mengirim stok barang ke kopma IAIN Salatiga Kampus I.

·      Pengawasan

Kami selaku produsen selalu membuka komunikasi dengan para konsumen-konsumen kami sehingga apabila ada kritik ataupun saran maka akan segera kami tindak lanjuti dan perhatikan. Untuk kualitas produk akan selalu senantiasa kami awasi dan perhatikan.

c)      Proses Produksi

1.    Pengupasan kulit singkong

Pengupasan kulit singkong dilakukan dengan menggunakan pisau yang tajam. Pisau dipergunakan harus diasah terlebih dahulu agar tekstur singkongnya tetap utuh dan tentunya tidak banyak terbuang.

2.    Pencucian

Pencucian singkong dilakukan dengan dengan penggunaan air yang mengalir. Sehingga singkong benar benar bersih dan tentunya agar higienis.

3.    Penirisan

     Hasil cucian singkong tersebut dimasukkan kedalam tempat atau wadah yang berlubang. Supaya air dari sisa pencucian bisa mengalir keluar dan akan menghasilkan singkong yang bersih dan kering.

4.    Pemotongan

Singkong hasil cucian yang telah benar-benar tiris kemudian dipotong dengan alat pemotong yang telah disediakan. Setelah semua singkong dipotong masukkan ke dalam baskom yang berisi bumbu halus yang sudah dilarutkan dengan air. Kemudian masukkan singkong yang telah diiris kedalam air tersebut dan aduk perlahan selama 5 menit. Lalu diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap ke dalam singkong.

5.    Penggorengan dan Pembumbuan

Penggorengan singkong dilakukan dalam wajan besar dengan minyak panas. Goreng sampai garing selama kurang lebih 3 menit hingga keripk terlihat kuning kecoklatan dan kering.

6.    Penirisan

Keripik singkong yang sudah benar-benar matang diangkat kemudian ditiriskan minyaknya diatas saringan penirisan minyak. Setelah agak dingin pindahkan ke wadah yang dialasi kertas .Ini dilakukan agar keripik tidak banyak mengandung minyak/basah.

7.    Pendinginan

Keripik singkong yang telah ditiriskan dari minyak ditampung kedalam kedalam sebuah wadah besar yang terbuat dari plastik supaya benar-benar dingin dan siap dikemas.

8.    Pengemasan

Keripik yang sudah didinginkan ditimbang 100 gram dan kemudian segera dikemas dengan plastik zip lock lalu tidak lupa memasukkan vla durian ke plastik ziplock kecil, agar konsumen bisa menuangkan vla durian sesuai selera. Tidak lupa juga untuk menempelkan sticker di kemasan keripik siren.

9.    Pengepakan

Keripik yang telah dikemas dalam plastik kemudian dimasukkan kedalam kardus agar tertata rapi.

d)      Cara Pembuatan Keripik Singkong

Alat :

1.         Pisau

2.         Alat khusus pemotong singkong agar menjadi keripik

3.         Cobek

4.         Baskom

5.         Sendok

6.         Wajan

7.         Kompor

8.         Wadah dan kertas untuk meniriskan minyak

9.         Plastik ziplock ukuran 14 cm x 22 cm

10.     Plastik zip lock kecil ukuran 8 cm x 5 cm

Bahan:

1. Singkong segar 1 kg

2. Air 250 ml

Bumbu halus :

·           Untuk singkong durian :

1.   Gula pasir 1 sdm

2.   Perisa durian

·           Untuk singkong original :

1.   Garam halus 3 sdm

2.   Bawang putih 4 siung

3.   Minyak secukupnya

Cara Membuat:

1.       Singkong segar dikupas dan dicuci sampai benar-benar bersih

2.      Selanjutnya iris singkong menggunakan alat khusus, agar hasil irisannya berukuran sama.

3.   Siapkan air dan masukkan bumbu halus ke dalam baskom yang berisi singkong yang sudah dipotong tipis dan di rendam kedalam air. Kemudian biarkan selama 60 menit.

4.    Angkat, kemudian sebelum di jemur triskan dulu, dan dalam proses penjemuran harus benar-benar kering tanpa terkena sinar matahari

5.  Selanjutnya goreng singkong pada api sedang sambil terus diaduk. Setelah singkong mengering, angkat lalu tiriskan.

6.       Biarkan sampai kering dan dingin,

7.       Pindahkan ke wadah yang dialasi kertas agar minyak benar-benar berkurang.

8.     Setelah dingin masukkan keripik singkong ke dalam plastic zip lock dan juga masukkan bumbu yang sudah dipisahkan kedalam plastik kecil.

9.       Lalu tempelkan sticker agar konsumen mengenali brand dari produk kami

E.     Aspek Lingkungan

a)      Tempat Usaha

Sementara ini kami menggunakan salah satu rumah owner sebagai tempat stok barang sehingga bila ada konsumen yang mau membeli maka kami langsung antar keripik siren ke konsumen tersebut. Kedepannya diharapkan apabila negosiasi telah tercapai dengan pihak koperasi mahasiswa (kopma fatawa) kami akan langsung mengirim stok barang ke kopma IAIN Salatiga Kampus I.

b)      Analisis Strategi Pemasaran (STP)

·      Segmentasi

Yang menjadi segmen dari usaha keripik singkong durian ini adalah segmen semua kalangan

·      Targeting

Yang menjadi target market adalah semua kalangan yang menyukai cemilan dengan bahan dasar singkong dan menyukai rasa durian.

·      Positioning

Kami ingin menciptakan image di benak konsumen sebagai penghasil kripik singkong durain yang paling diminati.

F.     Aspek Pemasaran

a)      Target Pasar   

Target pasar kami yang sudah berjalan saat ini adalah masyarakat remaja yang senang membeli jajanan ringan diantaranya siswa, mahasiswa dan pekerja yang kami promosikan melalu social media berupa WhatsApp, Instagram, dan Shopee. Saat ini juga kami sedang bernegosiasi dengan beberapa warung untuk dapat bekerjasama dalam hal penjualan keripik singkong durian ini. Target pasar yang akan datang adalah semua orang yang berada dilingkungan warung tersebut.

b)      Pesaing/Kompetitor

Terdapat banyak pesaing dalam hal bisnis penjualan cemilan ini diantaranya adalah banyaknya merk lain yang dijual di warung maupun di toko-toko retail di sekitar Salatiga. Tapi kami yakin dengan mutu yang terbaik kami dapat merebut hati para calon konsumen untuk memilih keripik singkong durian hasil produksi kami.

c)      Sasaran Pembeli

Dengan harga jual sebesar Rp 7.500 untuk satu kemasan keripik singkong durian kami maka sasaran pembeli kami adalah semua orang yang berada di lingkungan rumah sakit ini berada.

d)      Strategi Pemasaran

Beberapa strategi pemasaran yang kami lakukan adalah :

·      Penyebaran promosi ke semua orang tentang keripik singkong ini.

·    Penyebaran informasi tentang produk ini melalui mekanisme dari mulut ke mulut untuk dapat memperkuat brand image produk keripik singkong durain ini di benak para konsumen dan calon konsumen.

·    Penyebaran dari media sosial mempromosikan secara online melalui WhatsApp, Instagram dan Shopee

Untuk pembelian :

WhatsApp : +6283847975262

Instagram :

https://instagram.com/keripiksiren_sltg?utm_medium=copy_link

Shopee :

https://shopee.co.id/product/150442647/12125303500?smtt=0.150444471-1633793066.3

G.    Aspek Keuangan

a)      Harga

Adapun harga yang kami tawarkan per satu pcs kemasan adalah adalah sebagai berikut:

Keripik singkong Rp 7.500,-

b)      Modal Awal

·         Bahan Baku Produksi

No

Bahan

Jumlah

Harga

Total harga

1

Singkong Segar

8 kg

Rp 3.000

Rp 24.000,00

2

Perisa Durian

2 botol

Rp 17.750

Rp 35.500,00

3

Vla Vanilla

2 sachet

Rp 5.500

Rp 11.000,00

4

Minyak Goreng

1 botol

Rp 15.000

Rp 15.000,00

Jumlah

Rp 85.500,00

 

·         Biaya Kemasan

No

Bahan/Perlengkapan

Jumlah

Total harga

1

Standing pouch uk 14 cm x 22 cm

1 pcs

Rp 28.000

2

Plastik zip lock kecil uk 8 cm x 5 cm

1 pcs

Rp 2.500,00

3

Stiker

1 pcs

Rp 6.000

Jumlah

Rp 36.500

                     ·         Biaya Operasional

No

Komponen

Biaya Produksi

1

Gas

Rp 19.000,00

Jumlah

Rp 19.000,00

      

 

 

 

·         Total Biaya

Biaya bahan baku untuk produksi

Rp 85.500,00

Biaya Kemasan

Rp 36.500,00

Biaya Operasional

Rp 19.000,00

Total Biaya

Rp 141.000

 

c)      Kebutuhan Peralatan

1.         Pisau

2.         Alat pengiris singkong

3.         Baskom

4.         Kompor

5.         Tampah

6.         Mangkong

7.         Plastik

8.         Sendok

9.         Wajan

10.     Gas

11.     Timbangan

d)      Pendapatan

Quantity = 33 pcs

HPP  = TC / Q = Rp 141.000,00 / 33 = Rp 4.272,00/pcs = Rp 4.000,00/pcs

Penetapan harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat keberlangsungan usaha, dimana kami mencari keuntungan yang relative sehingga dapat menjalankan usaha secara kontinyu untuk meningkatkan pangsa pasar. Dimana HPP Rp 4.000, sedangkan dijual Rp 7.500 per pcs ke konsumen.

Penjualan

Penjualan keripik singkong : Rp. 7.500,00 x 33 = Rp 247.500,00

Pendapatan penjualan :                                           Rp 247.500,00

Rencana Pendapatan

Karena kami open pre order setiap senin - jumat dan ready setiap sabtu dan minggu, maka bisa dikatakan dalam sebulan kami memproduksi keripik sebanyak 4 kali.

Jumlah penjualan perminggu x 4 minggu : Rp 247.500,00 x 4 = Rp 990.000,00

Jadi perkiraan pendapatan perbulan adalah Rp 990.000,00

Laba yang Peroleh

Laba / pcs                 = Rp 7.500,00 – Rp 4.000,00              = Rp 3.500,00

Laba / bulan              = Rp 3.500,00(33 pcs) x 4 minggu     = Rp 462.000,00

Untuk usaha kami laba tergantung permintaan setiap minggunya, semakin banyak permintaan yang masuk semakin banyak juga laba yang kami peroleh.

Pembagian Hasil Laba Bulanan

Total laba per bulan             = Rp 462.000,00

Pemilik                                 = Rp 400.000,00 / 4 orang = Rp 100.000,00

Penyimpanan kas                  = Rp 62.000,00


BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Demikian business plan keripik singkong durian ini kami buat dan apabila ada kekurangan-kekurangan mohon dimaklumi karena setiap manusia pasti akan bisa belajar dari pengalaman-pengalaman yang telah dilaluinya. Pada intinya adalah dalam bisnis itu bagaimana cara kita mendapatkan keuntungan yang besar dengan modal yang seefisien mungkin, tapi tentunya jangan sampai modal yang efisien tapi mengorbankan mutu dan kualitas produk yang kita hasilkan. Sekali kita bisa membuat jaringan bisnis kita menjadi kokoh dan terus tumbuh ekspansi maka tidak mustahil jika bisnis kita menjadi ladang untuk memetik keuntungan yang akan terus membesar. Kuncinya adalah manajemen yang baik, keinginan yang kuat, semangat untuk majudan tidak takut jatuh serta disiplin dan jangan sampai lupa untuk berdoa kepada Allah swt untuk kesuksesan bisnis kita.

 

B.     Saran

Jangan takut untuk memulai suatu bisnis karena sesungguhnya halangan terbesar ternyata berasal dari dalam diri kita sendiri. Sekali telah memulai bisnis maka tekunilah dan jalankan dengan disiplin untuk mencapai kemajuan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kualitas produk dengan mutu yang terbaik karena sebaik-baiknya iklan adalah dari mulut-ke mulut dan seburuk-buruknya komplain adalah juga dari mulut ke mulut, nama besar produk dan brand image adalah aset yang wajib dijaga. Demikian business plan ini kami buat dan apabila ada salah dalam hal penulisan maka kami mohon maaf dan mengharapkan saran serta kritik yang membangun, terima kasih.


LAMPIRAN





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Proposal Gabin Fla Tape Durian

Makalah Proposal Usaha Tela-tela Singkong

MAKALAH PROPOSAL USAHA “GETHUK LINDRI RASA DURIAN SAKTI MAS”