MAKALAH "CASSAVA CROISSANT DURIAN" KELOMPOK 1 KWU

 

PROPOSAL

BISNIS SINGKONG RASA DURIAN

(Cassava Croissant Durian)

Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan

Dosen Pengampu : Turjangun

 

 



 

Disusun oleh:

1.      Widyalisa Shalzabella             (63040190132) 

2.      Rahayu Sekaring Thias           (63040190138) 

3.      Siti Nur Halimah                     (63040190148) 

4.      Clarissa Septha Amelia           (63040200160) 

 

 

MANAJEMEN BISNIS SYARIAH

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SALATIGA

2021

 

A.    RINGKASAN EKSEKUTIF

Bisnis yang akan dikembangkan adalah dibidang makanan ringan yaitu “Cassava Croissant Durian” . “Cassava Croissant Durian merupakan sebuah inovasi makanan tradisional yang dikemas. Selain bentuk dan rasanya yang unik, “Cassava Croissant Durian” ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan olahan singkong rasa durian pada umumnya, karena pada olahan Cassava Croissant Durian” ini buat sedemikian rupa sehingga memiliki cita rasa yang tetap lezat meskipun mempunyai bahan dasar singkong yang dicampur dengan bahan makanan yang lain. Pada pemilihan nama olahan ini ini diambil dari ide pada kelompok kami.

Tujuan dari inovasi jenis makanan tradisional ini adalah mengangkat nama olahan singkong yang banyak para pemuda   tidak berminat untuk memakannya karena rasa yang monoton menjadi minat karena adanya inovasi yang mengikuti zaman karena pada inovasi makanan ini kami mempunyai target pasar yaitu semua kalaangan supaya mereka tetap bisa menikmati makanan ringan tradisionl yang modern. Memperoleh suatu keuntungan dan pendapatan dari usaha mandiri yang kita dirikan untuk mensejarahkan pemilik dan tenaga kerja. Mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan produk homemade yang kita tawarkan. Selain itu untuk memperoleh kepercayaan yang optimal dari konsumen, sehingga dengan adanya kepercayaan yang diberikan diharapkan usaha yang telah dikembangkan dapat lebih maju. Peluang pasar untuk produk yang berbahan dasar singkong ini sangatlah besar melihat para pemuda yang suka menyemil makanan ringan, tetapi tidak menutup kemungkinan peminat makanan ringan ini dari anak-anak hingga dewasa karena tekstur yang kami sajikan dalam varian makanan ini sangat lembut sehingga cocok untuk semua kalangan.

 

 

Visi dan Misi

Visi “Cassava Croissant Durian

         Menjadi usaha yang sukses dibidang makanan ringan dan mengembangkan kuliner yang kekinian sehingga menjadi makanan ringan yang diminati oleh semua kalangan.

         Membangun dan mengembangkan potensi diri dalam membangun usaha-usaha mandiri.

         Membuat suatu mekanisme usaha olahan singkong nomor satu yang berkualitas sehingga dapat bersaing dipasar Indonesia.

 

Misi “Cassava Croissant Durian

1.      Melambungkan makanan tradisional

2.      Menyajikan olahan makanan yang berkualitas

3.      Berusaha melakukan inovasi

4.      Meningkatkan kesejahteraan para petani singkong

5.      Mengembangkan usaha baik di dalam negeri dan memiliki harapan ke manca negara untuk jangka panjangnya.

 

 

B.     ANALISIS BISNIS

Dalam industri makanan ringan apalagi yang berbahan dasar makanan tradisonal seperti singkong sangat riskan sedikit peminat, alhasil mereka para petani singkong mengalami perkurangan pendapatan karena sedikit peminat untuk menjadi dropship singkong hasil panen, hal tersebut juga membuat harga jual singkong menjadi sangat murah seperti halnya sekarang yang mencapai tiga ribu rupiah per kilogram, sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus supaya mereka para petani singkong tetapi bisa bertahan hidup dan mempertahankan untuk terus bertani singkong. Kami para pelaku usaha terus berfikir supaya para petani tetap mendapatkan pengahasilan dari bertani singkong dengan cara melakukan inovasi olahan makanan yang berkaitan dengan bahan dasar singkong dan bisa diminati oleh banyak kalangan.

Owner ingin membuat sebuah inovasi pada industri makanan ringan, terutama pada pemanfaatan singkong sebagai bahan utama. Ide ini pertama muncul karena turunya harga singkong di pasaran dan sedikitnya minat mengkonsumsi makanan tradisional tersebut jika tidak di olah. Dengan terciptanya inovasi maknan ringan ini dapat mendobrak harga singkong di pasaran, hal tersebut juga menjadi peluang bagi kami para pembangun bisnis untuk kedepannya selain mendatangkan laba yang besr bagi kami para pelaku bisnis tetapi juga dapat mendatangkan laba yang cukup besar untuk para petani singkong.

Tidak lupa juga kami memperhatikan kepuasan konsumen atas inovasi yang kami ciptakan, karena hal tersebut yang harus dijaga oleh para pelaku bisnis guna menjaga loyalitas produk yang kami sajikan. Kepuasan pelanggan dalam mengkonsumsi makanan ringan ini tidak terlepas dari jenis strategi iklan yang digunakan dan kualitas produk yang ditawarkan oleh suatu usaha itu sendiri. Hal ini dapat berdampak pada perkembangan dunia bisnis yang semakin kreatif dan inovatif. Keberhasilan suatu industri pengolahan makanan akan sangat tergantung pada kepuasaan konsumen.

Mengenai kualitas produk makanan, kepuasan konsumen tergantung pada 6 faktor pokok yaitu: penampilan makanan, kebersihan makanan, aroma makanan, rasa makanan, tekstur makanan dan nilai kandungan gizi makanan. Enam faktor tersebut harus ada agar dapat disebut “Cassava Croissant Durian” yang bermutu tinggi.

Masalah yang biasanya muncul adalah tentang komplain yaitu, rasa makanan yang biasa dikomplain ukuran makanan, toping kurang, kemasan  dan lain sebagainya,  dari beberapa komplain tersebut lama kelamaan jika tidak ditindaklanjuti maka akan membuat pelanggan berpindah tempat. Solusi dalam mengatasi masalah yang muncul adalah dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen serta memperbaiki hal-hal yang menjadi keluh kesah para konsumen.

Dalam mencapai tujuan produk maknan ringan “Cassava Croissant Durian” perlu adanya analisis bisnis untuk mengembangkan strategi bisnis. Untuk merumuskan strategi yang dijalankan dilakukan analisis dengan menggunakan SWOT Matrix, yakni alat yang dipakai untuk mengembangkan alternatif strategi dari empat bagian yaitu strengths- opportunities, weaknesses-opportunities, strengths-threats, dan weaknesses-threats.

Strength (kekuatan) meliputi, lokasi yang strategis, ramai, nyaman, dan bersih, pembuatannya mudah dan sederhana, kualitas rasa yang khas (beda dari yang lain), memanfaatkan e-business untuk mempromosikan produk melalui internet, harganya terjangkau, dan penyajian produk dibuat semenarik mungkin.

Weakness (kelemahan) meliputi, manajemen perusahaan yang masih sederhana, jika tidak tepat prosesnya cita rasa menjadi beda, persaingan pasar dengan produk sejenis, dan dibutuhkan skil dan kecepatan dalam mengolah maknan tersebut.

Opportunity (peluang) meliputi, pertumbuhan pasar akan meningkat, peluang pasar untuk mendapatkan konsumen yang menjanjikan, dan peluang usaha yang besar.

Threat (ancaman) meliputi, selera konsumen yang selalu berubah- ubah mempunyai pengaruh yang besar. munculnya pesaing baru, kurangnya selera masyarakat, persaingan harga dengan pedagang lain, dan bahan baku yang cepat basi apabila terlalu lama dipakai.

 

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa, strategi SO memanfaatkan strenghs yang dimiliki untuk memanfaatkan oppurtunitis yang ada. Strategi WO memperbaiki weakness yang dimiliki dengam mengambil opportunities yang ada. Strategi ST mengurangi threats yang ada dengan memanfaatkan strengths yang dimiliki. Strategi WT merupakan strategi bertahan dengan mengurangi weakness yang dimiliki dan menghindari threats yang muncul

 

 

 

C.    PERENCANAAN PEMASARAN

Menurut Mc Carthy (1996) dalam Kotler et al. (2009) menyatakan alat dalam merencanakan kegiatan dan program pemasaran yang terintregasi penuh ke dalam 4 kelompok, yaitu product, price, place, dan promotion.

 

1.      Product

Jenis produk yang ditawarkan oleh kami adalah “Cassava Croissant Durian” yang mempunyai cita rasa yang modern dengan menggunakan bahan baku yang premium.

 

Berikut desain logo kedai “Cassava Croissant  Durian” yang digunakan.



 

 

 

 

Berikut adalah  foto produk kami  Cassava Croissant  Durian



 

2.      Price

Dalam penetapan harga “Cassava Croissant  Durian” menurut Kotler (2009) mengungkapkan ada 6 langkah dalam menentukan harga, sebagai berikut :

a)      Menetukan Sasaran atau Tujuan Pemberian Harga

Cassava Croissant  Durian” memiliki sasaran product quality leadership. Produk dan layanan yang diberikan memiliki kualitas yang berbeda sehingga harga yang ditawarkan yaitu berdasarkan kualitas produk tersebut.

b)      Menentukan Permintaan atau Targeting

Dalam menentukan permintaan untuk produk “Cassava Croissant Durian memiliki target konsumen dari semua kalangan masyarakat. Tujuannya untuk mendapatkan product quality leadership yaitu, dengan mengunggulkan beberapa aspek produk dan keunggulan kompetitif lainnya sehingga dapat memberikan added value bagi konsumen. Akan tetapi untuk target utama “Cassava Croissant Durian adalah seseorang yang sudah mempunyai perkerjaan, yaitu asumsi mulai pada usia 20 tahun ke atas.

c)      Menganalisis Harga dan Penawaran Kompetitor

Setelah dilakukan observasi harga ke bebarapa restoran atau tempat olahan singkong (D9, Gethuk Kethek, Agrotelo dan sebagainya) sebagai patokan kisaran harga yang mereka tentukan adalah

·         Untuk harga cemilan olahan singkong, berkisar Rp 20.000 – Rp 35.000.

d)     Memilih Metode Pemberian Harga

            Harga yang ditetapkan untuk “Cassava Croissant Durian menggunakan acuan harga saing dengan tetap memperhatikan target pasar.

e)      Menentukan Harga Akhir

            Harga untuk produk olahan “Cassava Croissant Durian menyesuaikan dengan kisaran acuan harga pesaing dan kondisi pangsa pasar, yaitu :

·         Untuk harga cemilan olahan singkong, berkisar Rp 20.000 – Rp 35.000.

 

3.       Place

Dalam pemilihan lokasi untuk produk “Cassava Croissant Durian pada tempat yang banyak dikunjungi oleh para target marketing kita seperti halnya di Mall atau plaza. Penentuan tempat tersebut berdasarkan metode factor rating based dan critical success factor, hal ini karena plaza atau mall banyak dikunjungi oleh masyarakat, baik untuk berbelanja kebutuhan pokok ataupun hanya sebagai tempat refresing atau hiburan. Lokasi yang ditentukan oleh “Cassava Croissant Durian  yaitu Mall Aneka Jaya Salatiga.

4.      Promotion

Pada bagian ini akan dijelaskan mengenai strategi pemasaran yang akan digunakan oleh “Cassava Croissant Durian untuk mencapai tujuan yang sudah direncanakan sebelumnya. “Cassava Croissant Durian akan menggunakan beberapa cara sebagai sarana promosi, antara lain:

·         Advertising

Dalam kegiatan advertising atau iklan “Cassava Croissant Durian dengan beberapa strategi promosi dengan menerapkan voucher khusus dalam pembelian produk, iklan banner, iklan radio, maupun melalui media sosial dan website resmi produk “Cassava Croissant Durian”. Produk “Cassava Croissant Durian juga berkerja sama dengan pelayanan jasa makanan seperti GoFood, GrabFood, shopeefood, dan lain sebagianya guna memudahkan para konsumen untuk menikmati “Cassava Croissant Durian.

Berikut voucher khusus untuk pembelian Cassava Croissant Durian.

 


 

 

·         Digital Marketing

Digital Marketing yang dilakukan oleh kedai “Cassava Croissant Durian adalah dengan memanfaatkan media sosial yang sedang berkembang belakangan ini. Media sosial yang digunakan yaitu Facebook, Instagram, Twitter, TikTok dan Website. Tujuan dari penggunaan media sosial ini dimaksudkan untuk meningkatkan brand awareness di kalangan konsumen.

Untuk pemesanan lebih lanjut bisa menghubungi kontak di bawah ini :

WhatsApp             : 087835163159

Email                     :  cassavadurian@gmail.com

Instagram             : cassavacroissant.id

 

 

D.    PERENCANAA OPERASIONAL

Lokasi yang akan digunakan untuk penjualan Cassava Croissant Durian berada di kawasan pusat perbelanjaan Mall Aneka Jaya, Salatiga, Jawa Tengah. Mall Aneka Jaya merupakan pusat perbelanjaan yang di dalamnya terdapat beberapa kategori directory seperti, fashion, food, bevereges, entertainment, health, beauty, home  furnishing, dan lainnya. Lokasi ini dipilih karena letaknya yang strategis serta banyak sekali tenant-tenant yang bekerjasama dengan Mall Aneka Jaya.

Dengan banyaknya tenant-tenant  yang bekerjasama dengan Mall Aneka Jaya menjadi peluang bisnis untuk membuka stand Cassava Croissant Durian”, sasaran target konsumen adalah para pengnjung yang berbelanja, nonton bioskop ataupun yang lainnya.

Tempat yang kami gunakan adalah stand stand jualan seperti stand penjualan biasanya, karena keterbatasan temapat maka kami tidak bisa menerima dine in, kami hanya menerima pesanan take away.

Prosedur pelayanan pemesanan dimulai dari pelanggan menuju ke tempat pemesanan lalu memesan kepada kasir, karena saat memesan langsung membayar setelah pelanggan menyelesaikan proses pemesanan maka pelanggan diperkenankan duduk di kursi untuk menunggu makanan ini disiapkan oleh penyaji. Setelah jadi maka pelanggan tadi akan dipanggil oleh pramusaji setelah itu pelanggan menerima makanan yang dipesannya lalu di bawa pulang.

 

E.     PERENCANAAN ORGANISASI DAN SDM

Dalam mengatasi persaingan pasar yang semakin sengit di masa yang akan datang, maka diperlukan tim manajemen yang terdiri dari pemasaran, organisasi, keuangan, dan operasional. Dalam produk Cassava Croissant Durian, pemilik akan menjabat sebagai owner. Untuk kepala Manajer akan di kerjakan oleh 1 orang, 1 manajer pada bagian pemaaran dan organisasi, serta 1 orang manajer lagi pada bagian keuangan dan operasional. Pada bagian memasak akan di kerjakan oleh 1 orang yang berkompeten dalam produk yang dibuat, pada bagian pelayan akan dikerjakan oleh 1 orang pelayan untuk dibagian kasir dikerjakan oleh 1 orang karyawan. Hal ini dibutuhkan suapaya setiap pekerjaan dapat dikerjakan scera efektif dan efisien.

Secara keseluruhan semua tenga kerja pada produk ini akan mendapatkan kompensasi dan tunjangan sesuai dengan tingkatan tenaga kerja. Bentuk kompensasi yang kami jalankan yaitu berbentuk reward and punishment. Sistem tersebut dirancang untk meningkatkan efisiensi kerja demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Untuk reward itu sendiri berbentuk kompensasi berupa gaji bulanaan untuk semua tenaga kerja lalu ada juga bonus akhir tahun dan bonus lebaran yaitu THR (tunjangan hari raya) dengan ketentuan minimal sudah 1 tahun kerja di produk makanan kami, selain reward kami juga memberlakukan punishment  (hukuman) bagi para pekerja yang melanggar ketentuan dan peraturan yang telah kami tetapkan. Mulai dari datang terlambat, tidur ketika jam kerja, melakukan kesalahan yang besar yang membuat reputasi brand ini. Hal ini diterapkan karena kami berprinsip bahwa kedisiplinan harus yang utama.

 

 

F.     PERENCANAAN KEUANGAN

 

Analisis ekonomi dilakukan dengan melihat tren ekonomi pada era sekarang ini. Sumber pendanaan yang digunakan adalah dana pemilik sendiri. Proyeksi biaya dibagi menjadi biaya produksi, biaya pra operasional, sewa, perlengkapan, dan peralatan. Biaya produksi adalah biaya yang dikeluarkan selama proses manufacturig atau pengelolaan dengan tujuan menghasilkan produk yang siap dipasarkan. Biaya pra operasional terdiri dari biaya renovasi dan perizinan. Biaya sewa merupakan biaya sewa yang dibayar dimuka dengan durasi 1tahun. Biaya perlengkapan dan peralatan adalah biaya yang dikeluarkan untuk penunjang “Cassava Croissant Durian”.

 

1.      Pembiayaan (Modal Untuk Usaha)

a.       Biaya Tetap

No

Uraian

Harga (Rp)

1

Sewa tempat

14.000.000/ th

2

Izin Usaha

1.000.000

3

Stand Makanan

1.200.000

4

Kursi 5 buah

100.000

5

Bahan

150.000

6

Peralatan Masak

950.000

 

Total

17.400.000

 

a.       Biaya Variabel

No

Uraian

Jumlah (Unit)

Harga (Rp)

Jumlah Harga

(Rp)

1

Bahan Baku

 

 

 

 

Singkong

1 kg

3.000

3.000

 

Margarine

  1 bunkus

  9.000

9.000

 

Telur

½  kg

10.000

10.000

 

Susu SKM

2 Buah

1.500

3.000

 

Keju

1 Batang

18.000

18.000

 

Fla Durian

1 bungkus

18.000

18.000

 

Total

 

 

61.000

2

Bahan Pendukung

 

 

 

 

Gas LPG

1 tabung

19.000

19.000

 

Tempat Saji

3 pack

15.000

45.000

 

Total

 

 

83.000

3

Tenaga Kerja

 

 

 

 

Manager

1 orang

3.000.000

3.000.000

 

Pelayan

1 orang

1.200.000

2.000.000

 

Kasir

1 orang

1.200.000

1.200.000

 

Total

 

 

5.200.000

a.       Biaya Lain-Lain

No

Uraian

Jumlah (Unit)

Harga (Rp)

Jumlah Harga

(Rp)

1.       

Promosi

1 / bln

200.000

200.000

2.       

Telepon

1 / bln

100.000

100.000

3.       

Listrik

1 / bln

150.000

150.000

4.       

Air

1 / bln

75.000

75.000

 

Total

 

 

525.000

b.      Jumlah biaya

No

Jenis Biaya

Jumlah (Rp)

1

Biaya Tetap

17.400.000

2

Biaya Variabel

5.200.000

3

Biaya Lain-lain

525.000

 

Total

23.125.000

 

 

2.      Perkiraan Laba yang Didapat

Jumlah rata-rata tamu perhari : 30 orang x 15.000    = 450.000,-/ hari Omset kotor rata-rata perbulan : 30 x Rp450.000  = Rp 13.500.000,

Biaya bahan baku : Rp. 61.000 x 30               = Rp 1.830.000

Gaji Karyawan                                                = Rp 5.200.000

Biaya Listrik                                                   = Rp. 150.000

Biaya Telepon                                                 = Rp. 100.000

Biaya Air                                                         = Rp. 75.000

Total               = Rp7.355.000

Omset kotor                : Rp. 13.500.000,-

Cost                             : (Rp. 7.355.000,-)      

Omset bersih               : Rp. 6.145.000,- (perbulan)

Omset pertahun           : Rp. 6.145.000 x 12   = Rp73.740.000,-

Dari laba bersih tersebut dipotong zakat sebesar 2,5% per bulan

2,5 / 100 x 6.145.000 = 153.000

Jadi omset bersih milik owner adalah

6.145.000 – 153.000 = 5.922.000

Dari perencanaan yang kita buat di atas ternyata bisnis dibidang kuliner khususnya Cassava Croissant Durian sangat membuahkan hasil. Dengan modal Rp. 23.125.000,- kita sudah dapat keuntungan yang sangat besar pertahunnya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa usaha ini sangat menjanjikan.

 

 

G.    KESIMPULAN

 

Pada zaman sekarang ini olahan berbahan dasar seperti singkong sangat rendah peminatnya, hal ini tentunya berdampak kepada para petani singkong yang mengalami perkurangan pendapatan karena sedikitnya minat orang-orang untuk menjadi dropship.  Kami para pelaku usaha terus berfikir supaya para petani tetap mendapatkan pengahasilan dari bertani singkong dengan cara melakukan inovasi olahan makanan yang berkaitan dengan bahan dasar singkong dan bisa diminati oleh banyak kalangan. Kepuasan pelanggan dalam mengkonsumsi makanan ringan ini tidak terlepas dari jenis strategi iklan yang digunakan dan kualitas produk yang ditawarkan oleh suatu usaha itu sendiri. Hal ini dapat berdampak pada perkembangan dunia bisnis yang semakin kreatif dan inovatif. Mengenai kualitas produk makanan, kepuasan konsumen tergantung pada 6 faktor pokok yaitu: penampilan makanan, kebersihan makanan, aroma makanan, rasa makanan, tekstur makanan dan nilai kandungan gizi makanan. Masalah yang biasanya muncul adalah tentang complain yaitu, rasa makanan yang biasa dikomplain, ukuran makanan, toping kurang, kemasan dan lain sebagainya. Solusi dalam mengatasi masalah yang muncul adalah dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen serta memperbaiki hal-hal yang menjadi keluh kesah para konsumen. Dalam mencapai tujuan produk makanan ringan Cassava Croissant Durian  perlu adanya analisis bisnis untuk mengembangkan strategi bisnis.  Strategi SO memanfaatkan strenghs yang dimiliki untuk memanfaatkan oppurtunitis yang ada. Alat dalam merencanakan kegiatan dan program pemasaran yang terintregasi penuh ke dalam 4 kelompok, yaitu product, price, place, dan promotion.  Jenis produk yang ditawarkan oleh kami adalah Cassava Croissant Durian  yang mempunyai cita rasa yang modern dengan menggunakan bahan baku yang premium. Cassava Croissant Durian  memiliki sasaran product quality leadership. Kami memiliki target konsumen dari semua kalangan masyarakat. Digital Marketing yang kami gunakan untuk memanfaatkan media sosial yang sedang berkembang belakangan ini.

 

 

 

 

 

Berikut link Youtube :

Video “Saya bangga menjadi mahasiswa IAIN Salatiga”

https://youtu.be/6OfkNzye4f0

 

Video Produk “Cassava Croissant Durian”

https://youtu.be/GN6K5yYjBsc

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

  1. Waaahhh, enak kayaknya yah.. penasaraann gimana rasanya, sangat menarik🤩. How to buy it?

    BalasHapus
  2. waaahhh, mantap sekali ini. jadi pengen coba 🤩

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Proposal Gabin Fla Tape Durian

Makalah Proposal Usaha Tela-tela Singkong

MAKALAH PROPOSAL USAHA “GETHUK LINDRI RASA DURIAN SAKTI MAS”