PROPOSAL USAHA "SINGKONG LUMER SARA DURIAN" (AFI SMTR 5)
MAKALAH KEWIRAUSAHAAN
“Singkong Lumer Rasa Durian”
Dosen Pengampu : Turjangun
Hendra
Yudistira (53050190022)
Zidni Ilman (53050190017)
Nur 'Azzam (53050190027)
Dzikri Adib Kurnia (53050190034)
PROGRAM STUDI AQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM
FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB, DAN HUMANIORA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA
2021
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji syukur kepada
Allah SWT, karena telah melimpahkan rahmat-Nya berupa kesempatan dan
pengetahuan sehingga makalah ini bisa selesai semaksimal mungkin dan selesai
pada waktunya. Sholawat serta salam tetap kita curahkan kepada junjungan kita
nabi Muhammad SAW, yang kita nanti-nantikan syafaatnya di yaumil jaza’ wal
hisab.
Tujuan dari
pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas matakuliah Kewirausahaan yang diampu oleh Bapak
Turja’un. Kami berharap semoga makalah ini bisa menambah pengetahuan mahasiswa.
Namun terlepas dari itu, kami memahami bahwa makalah ini masih jauh dari kata
sempurna, sehingga kami sangat mengharapkan kritik serta saran yang bersifat
membangun demi terciptanya makalah selanjutnya yang lebih baik lagi.
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb.
Salatiga, 1 Oktober
2021
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Industri makanan dan minuman merupakan cabang industri yang
potensial. Di Indonesia, terdapat banyak sekali cabang usaha yang bergerak
dalam sektor industri makanan dan minuman. Agar dapat terus
bertahan,usaha-usaha yang berada dalam industri ini tidak hanya dituntut untuk
mampu bersaing dengan usaha lain yang sudah berada dalam pasar, tetapi juga
dengan usaha potensial yang mungkin akan masuk ke dalam pasar industri.
Berdasarkan paradigma Structure-Conduct-Performance, cara para
pelaku usaha dalam menyikapi persaingan yang ada dalam suatu pasar industri
seperti di atas akan tercermin dalam perilaku usaha yang pada akhirnya akan
mempengaruhi kinerja perusahaan tersebut.
Perusahaan makanan dan minuman merupakan salah satu sektor usaha yang terus
mengalami pertumbuhan. Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan jumlah penduduk
di Indonesia, volume kebutuhan terhadap makanan dan minuman pun terus meningkat
pula. Kecenderungan masyarakat Indonesia untuk menikmati makanan siap saji ini
menyebabkan banyak bermunculan perusahaan-perusahaan baru di bidang makanan dan
minuman karena mereka menganggap sektor industri food dan beverages memiliki
prospek yang menguntungkan baik masa sekarang maupun yang akan datang
Industri makanan dan aneka snack saat ini mulai menjanjikan sebagai bisnis
yang memiliki omset penjualan dan penghasilan lebih yang bisa dikatakan sangat
menguntungkan. Salah satu makanan indonesia yang saat ini sudah berkembang
adalah singkong, pada saat ini singkong banyak dimodifikasi menjadi makanan
yang lebih menarik salah satunya dimodifikasi dengan durian yaitu Singkong Lumer Rasa Durian.
B. Rumusan
masalah
1. Siapa saja
yang membuat usaha singkong lumer rasa durian?
2. Bagaimana
proses pembuatan singkong lumer rasa durian?
3. Bagaimana
cara pemasarannya?
4. Berapa biaya
total singkong lumer rasa durian?
5. Bagaimana
cara pengembangan dipasar?
C. Tujuan
masalah
1. Untuk
mengetahui saja yang membuat usaha singkong lumer rasa durian
2. Untuk
mengetahui proses pembuatan singkong lumer rasa durian
3. Unruk
mengetahui cara pemasarannya
4. Untuk
mengetahui biaya total singkong lumer rasa durian
5. Untuk
mengetahui cara pengembangan dipasar
BAB III
PEMBAHASAN
A.
Tentang perusahaan
Usaha
makanan ini adalah usaha rumahan yang bergerak dibidang makanan dengan satu
varian olahan makanan yaitu “Singkong Lumer Rasa Durian”. Untuk kedepan, varian
makanan akan ditambahkan seiring dengan perkembangan usaha makanan ini. Usaha
makanan ini didirikan oleh beberapa orang yaitu :
1.
Nama : Hendra Yudistira
Nim : 53050190022
Asal : Riau
Wa : 081392613824
2.
Nama : Nur Azzam
Nim : 53050190027
Asal : Cirebon
Wa : 08994791933
3.
Nama : Dzikri Adib.K
Nim : 53050190034
Asal : Lamongan
Wa : 085156041959
4.
Nama : Zidni Ilman
Nim : 53050190017
Asal : Lamongan
Wa : 089602414441
B.
Proses pembuatan
Dalam proses pembuatan “Singkong Lumer Rasa Durian” ada beberapa
hal yang harus diperhatian, yaitu : perisapan bahan-bahan dan, poses pembuatan.
Bahan-bahan
yang harus disiapkan adalah :
1.
Singkong kayu (ubi kayu)
2.
Pasta durian
3.
Garam halus
4.
Kelapa
5.
Gula pasir
6.
Daun pandan
7.
Tepung Maezena
8.
Air matang
Alat-alat
yang harus disiapkan adalah :
1.
Blender
2.
Parutan kelapa
3.
Kompor
4.
Pisau
5.
Wajan
6.
Dandang
7.
Wadah/baskom
8.
Cup plastik
Langkah-langkah pembuatan :
1.
Kupas kulit ubi, lalu potong kecil-kecil
2.
Masukkan kedalam blender untuk dihaluskan.
3.
Jika sudah halus, masukkan adonan ubi tsb kedalam wadah/baskom
4.
Masukkan gula pasir 5 sdm (sesuai selera).
5.
Masukkan garam halus secukupnya (sesuai selera).
6.
Masukkan tepung maezena 10 sdm (secukupnya).
7.
Masukkan air kurang lebih 1 liter.
8.
Kemudian aduk adonan hingga merata, sambil tuangkan secara perlahan
pasta durian 2 sdm (secukupnya).
9.
Masak adonan jika sudah tercampur rata diatas kompor dengan api
sedang sambil terus diaduk tanpa berhenti.
10.
Sambil menunggu, parut kelapa dan peras airnya. Perasan tersebut
kemudian dimasak diatas api sedang. Masukkan pula sehelai daun pandan sebagai
pengharum.
11.
Jika adonan ubi yang tadi dimasak sudah bertekstur kenyal dan
lengket, matikan kompor dan tunggu hingga agak dingin.
12.
Jika santan kelapa yang dimasak sudah mendidih matikan kompor dan
tunggu hingga agak dingin.
13.
Proses pengemasan. Masukkan kedalam cup/wadah lain sesuai selera
ubi yang sudah diolah tadi beserta santan kelapa yang sudah dimasak tsb.
“Singkong lumer rasa durian” siap disantap.
C.
Pemasaran
a.
Deskripsi produk
Produk makanan yang dihasilkan berbahan dasar singkong yang
ditambahkan dengan perasa durian. Dikemas kedalam cup plastik yang kemudian
dilabeli nama varian makanan yaitu “Singkong lumer rasa durian”.
b.
Target pasar
Target pasar adalah tujuan dan goals yang ditargetkan dari para
konsumen. Untuk produk olahan makanan dari usaha ini menargetkan konsumen
seluas-luasnya. Mengingat bahan-bahan yang digunakan dalam pengolahan produk
ini juga sangat baik untuk kesehatan dan aman, produk makanan ini cocok disemua
kalangan.
c.
Marketing
Mengenai pemasaran produk yang dihasilkan ditawarkan melalui media
sosial secara online. Diiklankan dengan video singkat lengkap dengan proses
pembuatannya. Selain media online, produk ini juga dijajakan dibeberapa warung
kelontong terdekat serta dijajakan dipasar pagi.
D.
Keuangan
Usaha makanan ini termasuk usaha rumahan yang ramah keuangan/modal.
Berikut adalah data keuangan dalam pengolahan “singkong lumer rasa durian”:
Bahan-bahan :
·
Ubi :
Rp 5.000,00
·
Gula : Rp
2.000,00
·
Garam halus : Rp
1.500,00
·
Pasta durian : Rp
4.500,00
·
Tepung Maezena : Rp 1.500,00
·
Kelapa/santan : Rp
2.000,00
Kemasan
:
·
Cup plastik :
Rp 500,00
Biaya
operasional :
·
Gas :
Rp 20.000,00
1.
Stok awal
Pada stok awal pengolahan produk ini diperuntukkan untuk 5 orang.
Total modal yang diperlukan untuk membeli bahan-bahan awal adalah Rp 17.000,00.
2.
Pembelian stok
Pada seminggu kedepan pembelian stok : 7 x Rp 17.000,00 = Rp
119.000,00
3.
Stok akhir
Semisal terdapat 3 porsi untuk stok akhir, maka (Rp 17.000,00 : 5)
x 3 = Rp 10.200,00
4.
HPP
HPP : stok awal + pembelian stok + stok akhir
HPP : 17.000 + 119.000 + 10.200
HPP : Rp 146.200,00
5.
Laba kotor (Pendapatan-HPP)
Untuk 5 porsi penjualan dengan 1 porsi dihargai Rp 5.000,00 maka :
Pendapatan = ((5 x
7)+3) x 5.000 = Rp 190.000
HPP =
190.000-146.000 = Rp 44.000,00
6.
Laba bersih (laba kotor – biaya operasional)
Untuk perhitungan laba bersih, karena disini biaya operasionalnya
hanya tabung gas LPG 3 kg yang biasanya dalam operasi 1 tabung gas dapat
dipakai dalam 7 hari maka:
Laba bersih =
44.000-20.000 = Rp 24.000,00
Margin laba bersih =
(laba bersih : pendapatan) x 100 %
Margin laba bersih = (24.000:
19.000) x 100 %
Margin laba bersih = 12 %
E. Rencana Pengembangan
Pasar
1.Strategi Produksi
Dalam strategi produksi, pemilik akan meningkatkan kualitas dan kuantitas
dari produk yang dihasilkan. Namun, akan tetap menstabilkan harga dari produksi
tersebut. Hal ini direncanakan untuk lebih mengembangkan dan mengekspansi usaha
ini untuk lebih berkembang.
2.Strategi Organisasi dan SDM
Kompetensi adalah ciri-ciri yang harus dimiliki oleh seseorang sehingga dia
dapat mencapai performansi prima dalam suatu bidang pekerjaan. Oleh karena itu,
strategi yang diterapkan untuk mencapat hal diatas adalah dengan memberikan
motivasi dan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi. Selain itu,
memotivasi dan melibatkan karyawan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas
produk juga harus dilakukan dalam strategi
3. Strategi Marketing
Strategi yang akan dilakukan oleh usaha ini dalam bidang marketing yaitu
dengan memperkenalkan produk kepada konsumen lain melalui internet seperti :
facebook, instagram, blog dan sarana internet lainnya yang mendukung pemasaran
ini. Perusahaan akan melakukan strategi promosi menggunakan berbagai macam
media promosi yang ada. Metode yang paling sederhana dalam strategi promosi
adalah dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut. Perusahaan meyakini
walaupun strategi ini sangat sederhana namun efektifitas penyampaian pesannya
juga cukup signifikan. Dengan strategi ini, diharapkan permintaan konsumen akan
meningkat terhadap produk yang ditawarkan.
4.Strategi Keuangan
Strategi keuangan dalam mengembangkan usaha ini dapat dilakukan dengan
mengelola keuntungan yang selama ini didapat (laba ditahan) untuk spekulasi
(berjaga–jaga) atas keadaan ekonomi atau pasar yang berubah – ubah yang dapat
merugikan perusahaan. Selain itu, untuk memperluas usaha maka usaha ini akan
mulai melakukan pinjaman atau kerjasama dengan pihak – pihak bank atau pihak –
pihak yang tertarik pada usaha ini.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari pemaparan tentang perusahan kami diatas, yaitu tentang olahan
makanan “Singkong lumer rasa durian” lengkap dengan perhitungan pendapatan yang
ada. Dapat ditarik kesimpulan bahwa proses pembuatan olahan makanan tersebut
sangat ekonomis dan praktis. Jika pada stok awal kami hanya menyediakan untuk 5
porsi sebagai sampel dengan laba bersih 12 % dari pendapatan, maka untuk
kedepannya dengan porsi yang lebih banyak. Dengan varian rasa yang lebih
beraneka pula. Demikian yang dapat kami sampaikan, semua pemaparan andaikata
terdapat kekeliruan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih.
Komentar
Posting Komentar