PROPOSAL USAHA "SINGKONG LUMER SARA DURIAN" (AFI SMTR 5)

 

 

MAKALAH KEWIRAUSAHAAN

“Singkong Lumer Rasa Durian”

Dosen Pengampu : Turjangun

 

 

Disusun oleh :

Hendra Yudistira (53050190022)

Zidni Ilman (53050190017)

Nur 'Azzam (53050190027)

Dzikri Adib Kurnia (53050190034)

 

PROGRAM STUDI AQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM

FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB, DAN HUMANIORA

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA

2021

 

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.   

Puji syukur kepada Allah SWT, karena telah melimpahkan rahmat-Nya berupa kesempatan dan pengetahuan sehingga makalah ini bisa selesai semaksimal mungkin dan selesai pada waktunya. Sholawat serta salam tetap kita curahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, yang kita nanti-nantikan syafaatnya di yaumil jaza’ wal hisab.

Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas matakuliah  Kewirausahaan yang diampu oleh Bapak Turja’un. Kami berharap semoga makalah ini bisa menambah pengetahuan mahasiswa. Namun terlepas dari itu, kami memahami bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, sehingga kami sangat mengharapkan kritik serta saran yang bersifat membangun demi terciptanya makalah selanjutnya yang lebih baik lagi.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

 Salatiga, 1 Oktober 2021

                                                                                                  Penulis

 

 

 

 

 


 

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar belakang

Industri makanan dan minuman merupakan cabang industri yang potensial. Di Indonesia, terdapat banyak sekali cabang usaha yang bergerak dalam sektor industri makanan dan minuman. Agar dapat terus bertahan,usaha-usaha yang berada dalam industri ini tidak hanya dituntut untuk mampu bersaing dengan usaha lain yang sudah berada dalam pasar, tetapi juga dengan usaha potensial yang mungkin akan masuk ke dalam pasar industri. Berdasarkan paradigma Structure-Conduct-Performance, cara para pelaku usaha dalam menyikapi persaingan yang ada dalam suatu pasar industri seperti di atas akan tercermin dalam perilaku usaha yang pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja perusahaan tersebut.

Perusahaan makanan dan minuman merupakan salah satu sektor usaha yang terus mengalami pertumbuhan. Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan jumlah penduduk di Indonesia, volume kebutuhan terhadap makanan dan minuman pun terus meningkat pula. Kecenderungan masyarakat Indonesia untuk menikmati makanan siap saji ini menyebabkan banyak bermunculan perusahaan-perusahaan baru di bidang makanan dan minuman karena mereka menganggap sektor industri food dan beverages memiliki prospek yang menguntungkan baik masa sekarang maupun yang akan datang

Industri makanan dan aneka snack saat ini mulai menjanjikan sebagai bisnis yang memiliki omset penjualan dan penghasilan lebih yang bisa dikatakan sangat menguntungkan. Salah satu makanan indonesia yang saat ini sudah berkembang adalah singkong, pada saat ini singkong banyak dimodifikasi menjadi makanan yang lebih menarik salah satunya dimodifikasi dengan durian yaitu Singkong Lumer Rasa Durian

 

B. Rumusan masalah

1. Siapa saja yang membuat usaha singkong lumer rasa durian?

2. Bagaimana proses pembuatan singkong lumer rasa durian?

3. Bagaimana cara pemasarannya?

4. Berapa biaya total singkong lumer rasa durian?

5. Bagaimana cara pengembangan dipasar?

C. Tujuan masalah

1. Untuk mengetahui saja yang membuat usaha singkong lumer rasa durian

2. Untuk mengetahui proses pembuatan singkong lumer rasa durian

3. Unruk mengetahui cara pemasarannya

4. Untuk mengetahui biaya total singkong lumer rasa durian

5. Untuk mengetahui cara pengembangan dipasar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PEMBAHASAN

A.    Tentang perusahaan

Usaha makanan ini adalah usaha rumahan yang bergerak dibidang makanan dengan satu varian olahan makanan yaitu “Singkong Lumer Rasa Durian”. Untuk kedepan, varian makanan akan ditambahkan seiring dengan perkembangan usaha makanan ini. Usaha makanan ini didirikan oleh beberapa orang yaitu :

1.      Nama   : Hendra Yudistira

Nim     : 53050190022

Asal     : Riau

Wa       : 081392613824

2.      Nama   : Nur Azzam

Nim     : 53050190027

Asal     : Cirebon

Wa       : 08994791933

3.      Nama   : Dzikri Adib.K

Nim     : 53050190034

Asal     : Lamongan

Wa       : 085156041959

4.      Nama   : Zidni Ilman

Nim     : 53050190017

Asal     : Lamongan

Wa       : 089602414441

 

B.     Proses pembuatan

Dalam proses pembuatan “Singkong Lumer Rasa Durian” ada beberapa hal yang harus diperhatian, yaitu : perisapan bahan-bahan dan, poses pembuatan.

Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah :

1.      Singkong kayu (ubi kayu)

2.      Pasta durian

3.      Garam halus

4.      Kelapa

5.      Gula pasir

6.      Daun pandan

7.      Tepung Maezena

8.      Air matang

Alat-alat yang harus disiapkan adalah :

1.      Blender

2.      Parutan kelapa

3.      Kompor

4.      Pisau

5.      Wajan

6.      Dandang

7.      Wadah/baskom 

8.      Cup plastik

             Langkah-langkah pembuatan :

1.      Kupas kulit ubi, lalu potong kecil-kecil

2.      Masukkan kedalam blender untuk dihaluskan.

3.      Jika sudah halus, masukkan adonan ubi tsb kedalam wadah/baskom

4.      Masukkan gula pasir 5 sdm (sesuai selera).

5.      Masukkan garam halus secukupnya (sesuai selera).

6.      Masukkan tepung maezena 10 sdm (secukupnya).

7.      Masukkan air kurang lebih 1 liter.

8.      Kemudian aduk adonan hingga merata, sambil tuangkan secara perlahan pasta durian 2 sdm (secukupnya).

9.      Masak adonan jika sudah tercampur rata diatas kompor dengan api sedang sambil terus diaduk tanpa berhenti.

10.  Sambil menunggu, parut kelapa dan peras airnya. Perasan tersebut kemudian dimasak diatas api sedang. Masukkan pula sehelai daun pandan sebagai pengharum.

11.  Jika adonan ubi yang tadi dimasak sudah bertekstur kenyal dan lengket, matikan kompor dan tunggu hingga agak dingin.

12.  Jika santan kelapa yang dimasak sudah mendidih matikan kompor dan tunggu hingga agak dingin.

13.  Proses pengemasan. Masukkan kedalam cup/wadah lain sesuai selera ubi yang sudah diolah tadi beserta santan kelapa yang sudah dimasak tsb. “Singkong lumer rasa durian” siap disantap.

 

C.    Pemasaran

a.      Deskripsi produk

Produk makanan yang dihasilkan berbahan dasar singkong yang ditambahkan dengan perasa durian. Dikemas kedalam cup plastik yang kemudian dilabeli nama varian makanan yaitu “Singkong lumer rasa durian”.

b.      Target pasar

Target pasar adalah tujuan dan goals yang ditargetkan dari para konsumen. Untuk produk olahan makanan dari usaha ini menargetkan konsumen seluas-luasnya. Mengingat bahan-bahan yang digunakan dalam pengolahan produk ini juga sangat baik untuk kesehatan dan aman, produk makanan ini cocok disemua kalangan. 

c.       Marketing

Mengenai pemasaran produk yang dihasilkan ditawarkan melalui media sosial secara online. Diiklankan dengan video singkat lengkap dengan proses pembuatannya. Selain media online, produk ini juga dijajakan dibeberapa warung kelontong terdekat serta dijajakan dipasar pagi.  

D.    Keuangan

Usaha makanan ini termasuk usaha rumahan yang ramah keuangan/modal. Berikut adalah data keuangan dalam pengolahan “singkong lumer rasa durian”:

Bahan-bahan :

·         Ubi                                    : Rp 5.000,00

·         Gula                      : Rp 2.000,00

·         Garam halus          : Rp 1.500,00

·         Pasta durian          : Rp 4.500,00

·         Tepung Maezena   : Rp 1.500,00

·         Kelapa/santan        : Rp 2.000,00

Kemasan :

·         Cup plastik                        : Rp 500,00

Biaya operasional :

·         Gas                        : Rp 20.000,00

 

1.      Stok awal

Pada stok awal pengolahan produk ini diperuntukkan untuk 5 orang. Total modal yang diperlukan untuk membeli bahan-bahan awal adalah Rp 17.000,00.

2.      Pembelian stok

Pada seminggu kedepan pembelian stok : 7 x Rp 17.000,00 = Rp 119.000,00

3.      Stok akhir

Semisal terdapat 3 porsi untuk stok akhir, maka (Rp 17.000,00 : 5) x 3 = Rp 10.200,00

4.      HPP

HPP : stok awal + pembelian stok + stok akhir

HPP : 17.000 + 119.000 + 10.200

HPP : Rp 146.200,00

5.      Laba kotor (Pendapatan-HPP)

Untuk 5 porsi penjualan dengan 1 porsi dihargai Rp 5.000,00 maka :

Pendapatan           = ((5 x 7)+3) x 5.000 = Rp 190.000

HPP           = 190.000-146.000 = Rp 44.000,00

6.      Laba bersih (laba kotor – biaya operasional)

Untuk perhitungan laba bersih, karena disini biaya operasionalnya hanya tabung gas LPG 3 kg yang biasanya dalam operasi 1 tabung gas dapat dipakai dalam 7 hari maka:

Laba bersih                        = 44.000-20.000 = Rp 24.000,00

Margin laba bersih             = (laba bersih : pendapatan) x 100 %

Margin laba bersih = (24.000: 19.000) x 100 %

Margin laba bersih = 12 %  

 

E. Rencana Pengembangan Pasar 

 

1.Strategi Produksi 

Dalam strategi produksi, pemilik akan meningkatkan kualitas dan kuantitas dari produk yang dihasilkan. Namun, akan tetap menstabilkan harga dari produksi tersebut. Hal ini direncanakan untuk lebih mengembangkan dan mengekspansi usaha ini untuk lebih berkembang. 

 

2.Strategi Organisasi dan SDM

Kompetensi adalah ciri-ciri yang harus dimiliki oleh seseorang sehingga dia dapat mencapai performansi prima dalam suatu bidang pekerjaan. Oleh karena itu, strategi yang diterapkan untuk mencapat hal diatas adalah dengan memberikan motivasi dan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi. Selain itu, memotivasi dan melibatkan karyawan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produk juga harus dilakukan dalam strategi

 

3. Strategi Marketing

Strategi yang akan dilakukan oleh usaha ini dalam bidang marketing yaitu dengan memperkenalkan produk kepada konsumen lain melalui internet seperti : facebook, instagram, blog dan sarana internet lainnya yang mendukung pemasaran ini. Perusahaan akan melakukan strategi promosi menggunakan berbagai macam media promosi yang ada. Metode yang paling sederhana dalam strategi promosi adalah dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut. Perusahaan meyakini walaupun strategi ini sangat sederhana namun efektifitas penyampaian pesannya juga cukup signifikan. Dengan strategi ini, diharapkan permintaan konsumen akan meningkat terhadap produk yang ditawarkan.

 

4.Strategi Keuangan 

Strategi keuangan dalam mengembangkan usaha ini dapat dilakukan dengan mengelola keuntungan yang selama ini didapat (laba ditahan) untuk spekulasi (berjaga–jaga) atas keadaan ekonomi atau pasar yang berubah – ubah yang dapat merugikan perusahaan. Selain itu, untuk memperluas usaha maka usaha ini akan mulai melakukan pinjaman atau kerjasama dengan pihak – pihak bank atau pihak – pihak yang tertarik pada usaha ini. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Dari pemaparan tentang perusahan kami diatas, yaitu tentang olahan makanan “Singkong lumer rasa durian” lengkap dengan perhitungan pendapatan yang ada. Dapat ditarik kesimpulan bahwa proses pembuatan olahan makanan tersebut sangat ekonomis dan praktis. Jika pada stok awal kami hanya menyediakan untuk 5 porsi sebagai sampel dengan laba bersih 12 % dari pendapatan, maka untuk kedepannya dengan porsi yang lebih banyak. Dengan varian rasa yang lebih beraneka pula. Demikian yang dapat kami sampaikan, semua pemaparan andaikata terdapat kekeliruan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Proposal Gabin Fla Tape Durian

Makalah Proposal Usaha Tela-tela Singkong

MAKALAH PROPOSAL USAHA “GETHUK LINDRI RASA DURIAN SAKTI MAS”