SINGKONG RASA DURIAN "SIPADUJAM"
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum wr.wb. Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Allah SWT atas semua limpahan rahmat, hidayah, dan
inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah
rencana bisnis ini dengan baik. Shalawat serta salam semoga tetap dicurahkan
kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang sangat kita nanti-nantikan
syafaatnya di akhirat nanti. Kami mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas
limpahan nikmat karunia-Nya, berupa sehat fisik dan sehat akal pikiran,
sehingga penulisan mampu untuk menyelesaikan makalah rencana bisnis mata kuliah
Kewirausahaan dengan bisnis kami yaitu Singkong Pancake Durian Jam (SIPADUJAM)
yang diampu oleh Bapak Turjangun. Selain itu penyusunan makalah ini bertujuan menambah wawasan
kepada pembaca tentang perencanaan bisnis.
Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada
Bapak Turjangun selaku dosen pengampu Kewirausahaan berkat
tugas yang diberikan ini, dapat menambah wawasan kami berkaitan dengan
perencanaan bisnis. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan dan penulisan masih
melakukan banyak kesalahan. Oleh karena itu kami memohon maaf atas kesalahan
dan ketidaksempurnaan yang pembaca temukan dalam makalah ini. Kami juga
mengharapkan adanya kritik dan saran dari pembaca apabila menemukan kesalahan
dalam makalah ini.
Harapan kami semoga makalah yang telah disusun
ini dapat bermanfaat sebagai salah satu rujukan maupun pedoman bagi para
pemabaca, menambah wawasan serta pengalaman. Terima kasih.
Jakarta, 13 Oktober
2021
Penulis
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR ...................................................................................................... i
DAFTAR
ISI ..................................................................................................................... ii
BAB
I PENDAHULUAN ................................................................................................. 1
A. LATAR
BELAKANG USAHA ........................................................................... 1
B. RIWAYAT
PARA PENDIRI .............................................................................. 2
C. VISI
MISI .............................................................................................................. 2
BAB
II PEMBAHASAN .................................................................................................. 4
A. ASPEK PEMASARAN ............................................................................................ 4
B. HASIL WAWANCARA PETANI SINGKONG ............................................... 6
C. PENGALAMAN
MEMBUAT SINGKONG ..................................................... 7
D. ASPEK
PRODUKSI DAN OPERASI ................................................................ 8
E. PERHITUNGAN
HARGA POKOK PRODUKSI (HPP) ................................ 9
F. PERHITUNGAN
LABA KOTOR DAN LABA BERSIH ................................ 10
BAB
III PENUTUP .......................................................................................................... 11
A. KESIMPULAN
.................................................................................................... 11
B. SARAN
.................................................................................................................. 11
LAMPIRAN
...................................................................................................................... 12
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Usaha
Kebutuhan akan
makanan sehat terkadang belum dapat dipenuhi oleh sebagian masyarakat yang
mempunyai kesibukan tersendiri. Terbatasnya waktu dan tenaga merupakan faktor
utama yang menyebabkan masyarakat menyepelekan asupan gizi dari makanan yang mereka
konsumsi. Hal itu juga menyebabkan berkurangnya aktivitas makan besar dalam
satu hari. Masyarakat pun cenderung memilih alternatif cemilan atau kudapan
ringan lain untuk mengganjal kebutuhan perut. Seperti snack ringan, camilan
dan kudapan instan yang kerap kali kitatemui di pasaran menjadi pilihan sebagian
besar masyarakat sebagai alternatif pengganjal perut dikarenakan mudahnya akses
untuk mendapatkan makanan-makanan tersebut. Bahkan mengonsumsi makanan ringan
seperti itu sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian masyarakat.
Sedangkan tubuh
kita memerlukan asupan seperti karbohidrat, protein, vitamin dll. Maka hal
tersebut akan menimbulkan ketidak maksimalnya asupan dari makanan ringan.
“SIPADUJAM” merupakan makanan yang dibuat dari bahan utama singkong dan durian.
Yang terbukti banyak menghasilkan manfaat bagi tubuh, manfaat singkong seperti
penambah energi, membantu mencegah sembelit, membantu mengendalikan kadar gula
darah, kaya akan mineral yang menjaga fungsi jaringan tubuh. Sedangkan manfaat
durian menjaga kadar gula darah, mencegah risiko penyakit jantung dan pembuluh
darah, membantu meningkatkan kesuburan, melawan infeksi, memperkecil peluang
kanker, menguatkan tulang dan memperbaiki suasana hati (kementrian kesehatan
republik Indonesia).
Untuk itu kami
memberikan alternatif pilihan makanan ringan yang kaya karbohidrat, protein dan
vitamin yang mudah dikonsumsi yaitu “SIPADUJAM”. Pada era modern saat ini banyak
bermunculan usaha kuliner yang menawarkan banyak pilihan menu dengan harga yang
bervariasi akan tetapi mayoritas dari usaha kuliner tersebut merupakan usaha kuliner
instan yang kurang memperhatikan aspek kesehatan.
A.
Riwayat
Para Pendiri
1. Nama :
Novita Kurniasari
Tempat, Tanggal Lahir :
Jakarta, 13 November 2001
Agama :
Islam
Jenis Kelamin :
Perempuan
Alamat :
Jl. KKO Usman dan Harun No.18, Kota Jakarta Pusat
Contact Person :
087838700047
2. Nama :
Amiliani Purnawati
Tempat, Tanggal Lahir :
Ciamis, 31 Maret 2001
Agama :
Islam
Jenis Kelamin :
Perempuan
Alamat :
Perumahan Villa Gading Harapan, Kota Bekasi
Contact Person :
081210397853
3. Nama :
Alya Hana Hanifa
Tempat, Tanggal Lahr :
Tangerang, 26 Februari 2000
Agama :
Islam
Jenis Kelamin :
Perempuan
Alamat :
Perum, Taman Cibodas, Kota Tanggerang
B. Visi
dan Misi
Visi “SIPADUJAM” adalah “Memenuhi Kebutuhan Jajanan
Masyarakat Sehingga dapat Mengenyangkan dan Menjadi Mood Booster”. Visi
“SIPADUJAM” ini cukup singkat tetapi di setiap katanya memiliki makna yang
ingin dicapai. Visi dari perusahaan menunjukkan kedepannya ingin menjadikan
singkong dan durian makanan yang kekinian yang disukai masyarakat terutama anak
milenial dengan tetap mengedepankan kualitas dan pelayanan kepada konsumen.
1. Menyediakan
produk singkong dan durian yang berkualitas bagi semua konsumen.
2. Memberikan
pelayanan yang terbaik kepada semua konsumen untuk menjaga kepuasan dan
loyalitas.
3. Melakukan inovasi produk, meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Aspek
Pemasaran
1. Gambaran
Umum Pasar:
Nama Produk : Singkong Pancake Durian Jam
“SIPADUJAM”
Jenis Produk : Makanan
Ukuran : Cup Bulat diameter 13 cm
Manfaat Utama : Sebagai alternatif makanan siap makan
untuk memenuhi karbohidrat, protein dan vitamin masyarakat.
Manfaat Turunan : Sebagai jajanan atau makanan ringan.
2. Segmentasi
Pasar
a. Segmen
Geografis
Usaha kami berada di Jl.
Matraman, Kecamatan Babelan, Kelurahan Kabalen, Kota Bekasi. Tempat yang
strategis dikarenakan daerah padat penduduk, mulai dari masyarakat babelan,
mahasiswa STIKES, mahasiswa Universitas Bhayangkara, dan dekat dengan Rumah
Sakit Ananda.
b. Segmen
Demografis
“SIPADUJAM”
adalah produk universal yang dapat dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat
baik laki-laki maupun perempuan tanpa membedakan agama, suku, ras, usia, dll.
c. Segmen
Psikografis
Masyarakat Babelan
sendiri memiliki beragam perilaku, kelas sosial, gaya hidup serta kepribadian dapat menikmati “SIPADUJAM”
karena “SIPADUJAM” adalah makanan siap makan yang mengandung serat, vitamin dan
karbohidrat untuk mengganjal perut sehingga dapat dinikmati oleh berbagai
kalangan.
3. Strategi Pemasaran
a. Produk
Jenis produk yang ditawarkan oleh “SIPADUJAM” adalah olahan makanan yang menggunakan 2 bahan utama yaitu singkong dan durian. Singkong yang berasal dari petaninya langsung dan sudah pasti terjamin baiknya. Dan menggunakan es krim durian dengan merek ternama. Desain logo “SIPADUJAM” yang digunakan.
Logo “SIPADUJAM”
b. Strategi Harga
Metode penetapan harga pada produk “SIPADUJAM” yang kami
gunakan adalah Metode penetapan Harga Mark Up. Dalam metode ini harga
jual per unit ditentukan dengan menghitung jumlah seluruh biaya ditambah jumlah
tertentu untuk menutupi laba yang dikehendaki pada unit tersebut (margin). Kami
menetapkan margin dengan presentase keuntungan yang diinginkan berdasarkan
jumlah total biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan “SIPADUJAM”.
c. Strategi Tempat
Untuk
lokasi produksi “SIPADUJAM” ada di daerah Babelan, Kota Bekasi. Lokasi ini
dipilih karena perusahaan kami belum memiliki kios, maka kami memproduksi dan memasarkan
di rumah salah satu pendiri. Meski begitu tempat usaha yang kami usung sangat
strategis dikarenakan daerah padat penduduk, mulai dari masyarakat babelan,
mahasiswa STIKES, mahasiswa Universitas Bhayangkara, dan dekat dengan Rumah
Sakit Ananda.
d. Strategi Promosi
Metode promosi yang kami gunakan yaitu Promotion Mix.
Strategi yang kami pakai antara lain, pemasaran langsung (direct marketing),
penjualan pribadi (personal selling). Dikarenakan perusahaan
“SIPADUJAM” baru dirilis beberapa hari terakhir kami belum menggunakan promosi
melalui seles promotion. Kami juga mempromosikan melalui media cetak
yaitu instagram dengan nama akun @go_sipadujam agar produk kami dikenal oleh
masyarakat umum.
e. Strategi Distribusi
Strategi penetapan distribusi yang kami gunakan yaitu strategi
struktur saluran distribusi. Strategi ini berkaitan dengan penentuan jumlah
perantara yang digunakan untuk mendistribusikan barang dari produsen ke
konsumen alternatif yang dipilih dapat berupa distribusi langsung atau distribusi
tidak langsung. Kami menggunakan alternatif distribusi langsung dimana kami
mendistribusikan dan memasarkan produk kami sebagai produsen langsung kepada
konsumen tanpa melalui perantara dan tidak menitipkan produk kita ke agen
penjual yang lainnya.
f. Strategi Postioning
Metode pendekatan positioning yang akan kami gunakan pada
produk “SIPADUJAM” adalah metode function concept. Metode function concept
menonjolkan functional needs dari produk “SIPADUJAM” dimana produk “SIPADUJAM”
merupakan produk makanan yang sehat dan ekonomis. Strategi positioning yang
kami gunakan adalah penetapan posisi menurut kategori produk harga dan
distribusi. Kami menampilkan produk “SIPADUJAM” dengan kemasan praktis siap makan,
higienis serta kaya akan karbohidrat dan vitamin yang baik bagi kesehatan
dengan harga yang sangat terjangkau. Serta kami juga memberikan kemudahan bagi
konsumen mendapatkan produk “SIPADUJAM” dengan efisiensi waktu dan pelayanan
yang baik.
A
Petani singkong yang kami wawancara bernama Pak Rahmat beliau sudah bekerja menjadi petani sekitar 15 tahun. Beliau mulai bertani sekitar umur 25 tahun. Keluh kesah beliau selama menanam singkong, tunas singkong yang masih berukuran kira-kira sejengkal yang hendak ditanam sering mati karna butuh ketelitian dalam penyiraman tidak boleh terlalu basah. Penanam singkong untuk menjadi batang termasuk cepat hanya sekitar seminggu batang singkong sudah menjadi trubusan namun untuk panen menjadi umbi cukup lama sekitar 40 hari sekali baru bisa diambil, jika cuaca kurang mendukung seperti terjadi musim hujan, panen baru bisa diambil sekitar 60 hari. Pak Rahmat untuk menghasilkan uang lebih disetiap harinya tidak hanya menjual umbinya saja dikarenakan memanen umbi singkong bisa dikatakan lama, akhirnya Pak Rahmat lebih memfokuskan menjual daun singkong dan bunga untuk kebutuhan sehari-harinya. Jika panen umbi singkong berlangsung Pak Rahmat tidak memproduksi singkong tersebut hanya menjualnya atau menitipkannya pada tetangga. Beliau memperjualkan singkong 1kg seharga Rp8.000,00.
A.
Pengalaman
Membuat Singkong
Banyak
pengalaman yang bisa kami ambil dari berbisnis “SIPADUJAM” ini. Seperti banyak
mendapatkan ilmu baru langsung dari petani singkong. Mengetahui cara menanam
singkong dengan baik dengan memperhatikan air yang disiramkan ke tanaman
singkong. Mengetahui berapa lama singkong sudah bisa di panen. Belajar
mengelola singkong menjadi makanan yang unik dan enak. Pesan yang akan selalu
kami ingat dari Pak Rahmat, petani singkong berkata “Kunci utama kesuksesan
dimulai dari fisik yang sehat, jika fisik kita sehat apa yang di cita-citakan
inshaallah terlaksana”.
Dan yang paling utama kami belajar menjadi pembisnis, walaupun usaha kami sekarang belum besar. Tapi pembalajar dan ilmu yang kami dapat sangat bermanfaat dan memotivasi kami untuk terus mengembangkan usaha ini. Dari berbisnis ini membuat kami merasa berbisnis memang tidak mudah namun jika kami terus berusaha dan melakukan inovasi maka usaha kami akan menjadi besar. Dari berbisnis ini juga kami menjadi lebih menghargai waktu, usaha dan uang.
A.
Aspek
Produksi dan Operasi
a. Gambar Produk
b. Bahan-Bahan dan Alat
·
Bahan-bahan
yang digunakan:
1. 570gram tepung pancake
2. 400ml air
3. Singkong ½ kg
4. Gula 2 Sendok Makan
5. Garam ½ sendok teh
6. Mentega
7. Es Krim Durian
·
Alat
yang digunakan:
1. Wajan kecil berbentuk bulat
2.
Mixer
3. Penghancur Singkong
4. Sendok
5. Baskom
6. Piring
c. Proses Produksi
1. Singkong terlebih dahulu dikupas dan dicuci bersih.
2. Lalu singkong diberi garam dan direbus hingga empuk.
3. Jika singkong sudah matang, dihaluskan terlebih dahulu menggunakan cobek atau penghancur singkong.
4. Kemudian jika sudah halus campurkan singkong kedalam adonan tepung pancake.
5. Agar adonan tercampur dengan rata gunakan mixer dan
tuangkan gula dan air sedikit demi sedikit.
6. Setelah tepung tercampur rata dengan singkong, siapkan
wajan kecil berbentuk bulat, nyalakan kompor dengan api kecil tunggu sampai
panas lalu masukan mentega.
7. Setelah itu masukan adonan singkong yang telah tercampur
sedikit demi sedikit, bolak balik hingga matang
8. Jika sudah matang angkat dan letakan di piring
d. Penyelesaian
Sebelum dimasukan kedalam kemasan tunggu terlebih dahulu
hingga dingin agar tidak menguap pada saat dikemas.
e. Pengemasan
·
Bahan
yang digunakan dalam proses pengemasan:
1. Mika berbentuk bulat
2. Stiker Logo “SIPADUJAM”
3. Plastik
·
Proses
Pengemasan:
1. Tempelkan stiker pada mika bagian atas.
2. Letakan pancake di dalam mika.
3. Bungkus menggunakan plastik.
A.
Perhitungan
Harga Pokok Produksi (HPP)
Rencana Harga Pengeluaran:
Bahan Baku
1. Singkong 1kg Rp8.000,00
2. Tepung Pancake 570gram Rp30.000,00
3. Es Krim Durian Rp34.000,00
Total Bahan Baku Rp72.000,00
Bahan Kemasan
1. Mika 20pcs Rp8.000,00
2. Stiker Logo 24pcs Rp10.000,00
3. Plastik Rp10.000,00
Total Bahan
Kemasan Rp28.000,00
Untuk 1 Hari
Produksi Rp100.000,00
Biaya-biaya:
Transportasi Rp5.000,00
Harga Pokok
Produksi (HPP) Rp95.000,00
A.
Perhitungan
Laba Kotor dan Laba Bersih
Perhitungan Laba Bersih
Total Cost
Total Bahan Baku Rp100.000,00
Total Biaya Rp5.000,00
TC Rp105.000,00
Total Revanue
SIPADUJAM = 18 cup ×
Rp7.500,00 × 1 Hari
TR Rp.135.000,00
Laba Kotor = Rp135.000,00
– Rp100.000,00
Laba Kotor = Rp35.000,00
Laba Bersih = Rp35.000,00
– Rp5000,00
Laba Bersih = Rp30.000,00
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Mendirikan suatu
usaha membutuhkan persiapan dan konsep yang matang. Usaha yang didirikan kami
ini diharapkan tidak hanya berdiri pada saat itu saja tetapi juga dapat
berkembang menjadi lebih besar lagi. “SIPADUJAM” adalah produk makanan siap
makan yang kami usulkan atas dasar kepedulian kami terhadap makanan sehat bagi
masyarakat. Usaha ini diharapkan membawa dampak yang baik untuk berbagai pihak.
Makalah
business plan ini juga diharapkan dapat membantu kami untuk mengevaluasi
lebih dalam segala aspek dari fisibilitas “SIPADUJAM”.
B. Saran
Keberhasilan suatu usaha tidak luput dari implementasi strategi-strategi yang telah kami susun. Untuk itu kami membutuhkan kesiapan dan ketepatan dalam mengimplementasikan strategi. Saran dan masukan dari berbagai pihak sangat kami butuhkan demi tercapainya tujuan usaha kami.
LAMPIRAN
Link Video Aku Bangga Menjadi Mahasiswa IAIN Saltiga:
Link Video Kewirausahaan Singkong Durian “Singkong Pancake Durian Jam”:
Komentar
Posting Komentar