SINGKONG RASA DURIAN "SIPADUJAM"

MAKALAH BUSINESS PLAN “SINGKONG PANCAKE DURIAN JAM (SIPADUJAM)” 
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan
 Dosen Pengampu: Turjangun
Disusun Oleh: 
1. Novita Kurniasari (63010190100) 
2. Amiliani Purnawati (63010190101) 
3. Alya Hana Hanifa (63010190106) 


PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH 
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM 
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA 
2021


KATA PENGANTAR

Assalamualaikum wr.wb. Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas semua limpahan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah rencana bisnis ini dengan baik. Shalawat serta salam semoga tetap dicurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang sangat kita nanti-nantikan syafaatnya di akhirat nanti. Kami mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas limpahan nikmat karunia-Nya, berupa sehat fisik dan sehat akal pikiran, sehingga penulisan mampu untuk menyelesaikan makalah rencana bisnis mata kuliah Kewirausahaan dengan bisnis kami yaitu Singkong Pancake Durian Jam (SIPADUJAM) yang diampu oleh Bapak Turjangun. Selain itu penyusunan makalah ini bertujuan menambah wawasan kepada pembaca tentang perencanaan bisnis.

Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Turjangun selaku dosen pengampu Kewirausahaan berkat tugas yang diberikan ini, dapat menambah wawasan kami berkaitan dengan perencanaan bisnis. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan dan penulisan masih melakukan banyak kesalahan. Oleh karena itu kami memohon maaf atas kesalahan dan ketidaksempurnaan yang pembaca temukan dalam makalah ini. Kami juga mengharapkan adanya kritik dan saran dari pembaca apabila menemukan kesalahan dalam makalah ini.

Harapan kami semoga makalah yang telah disusun ini dapat bermanfaat sebagai salah satu rujukan maupun pedoman bagi para pemabaca, menambah wawasan serta pengalaman. Terima kasih.

 

Jakarta, 13 Oktober 2021

 

Penulis

i


DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR ......................................................................................................     i

DAFTAR ISI .....................................................................................................................    ii

BAB I PENDAHULUAN .................................................................................................    1

A.    LATAR BELAKANG USAHA ...........................................................................    1

B.     RIWAYAT PARA PENDIRI ..............................................................................    2

C.    VISI MISI ..............................................................................................................    2

BAB II PEMBAHASAN ..................................................................................................    4

A.    ASPEK PEMASARAN ............................................................................................   4

B.     HASIL WAWANCARA PETANI SINGKONG ...............................................    6

C.    PENGALAMAN MEMBUAT SINGKONG .....................................................    7

D.    ASPEK PRODUKSI DAN OPERASI ................................................................    8

E.     PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI (HPP) ................................    9

F.     PERHITUNGAN LABA KOTOR DAN LABA BERSIH ................................ 10

BAB III PENUTUP .......................................................................................................... 11

A.    KESIMPULAN .................................................................................................... 11

B.     SARAN .................................................................................................................. 11

LAMPIRAN ...................................................................................................................... 12






ii





BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang Usaha

Kebutuhan akan makanan sehat terkadang belum dapat dipenuhi oleh sebagian masyarakat yang mempunyai kesibukan tersendiri. Terbatasnya waktu dan tenaga merupakan faktor utama yang menyebabkan masyarakat menyepelekan asupan gizi dari makanan yang mereka konsumsi. Hal itu juga menyebabkan berkurangnya aktivitas makan besar dalam satu hari. Masyarakat pun cenderung memilih alternatif cemilan atau kudapan ringan lain untuk mengganjal kebutuhan perut. Seperti snack ringan, camilan dan kudapan instan yang kerap kali kitatemui di pasaran menjadi pilihan sebagian besar masyarakat sebagai alternatif pengganjal perut dikarenakan mudahnya akses untuk mendapatkan makanan-makanan tersebut. Bahkan mengonsumsi makanan ringan seperti itu sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian masyarakat.

Sedangkan tubuh kita memerlukan asupan seperti karbohidrat, protein, vitamin dll. Maka hal tersebut akan menimbulkan ketidak maksimalnya asupan dari makanan ringan. “SIPADUJAM” merupakan makanan yang dibuat dari bahan utama singkong dan durian. Yang terbukti banyak menghasilkan manfaat bagi tubuh, manfaat singkong seperti penambah energi, membantu mencegah sembelit, membantu mengendalikan kadar gula darah, kaya akan mineral yang menjaga fungsi jaringan tubuh. Sedangkan manfaat durian menjaga kadar gula darah, mencegah risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, membantu meningkatkan kesuburan, melawan infeksi, memperkecil peluang kanker, menguatkan tulang dan memperbaiki suasana hati (kementrian kesehatan republik Indonesia).

Untuk itu kami memberikan alternatif pilihan makanan ringan yang kaya karbohidrat, protein dan vitamin yang mudah dikonsumsi yaitu “SIPADUJAM”. Pada era modern saat ini banyak bermunculan usaha kuliner yang menawarkan banyak pilihan menu dengan harga yang bervariasi akan tetapi mayoritas dari usaha kuliner tersebut merupakan usaha kuliner instan yang kurang memperhatikan aspek kesehatan.

            Maka dari itu kami mencoba berinovasi dengan produk makanan “SIPADUJAM” yang mampu bersaing dengan kuliner lain namun tetap memperhatikan aspek kesehatan, kebersihan dan daya beli masyarakat. Konsep usaha yang kami usung adalah usaha kuliner yang sehat praktis dan efisien. Dari usaha kami ini adalah memberikan manfaat maksimal dengan pengorbanan minimal bagi konsumen. Manfaat maksimal tersebut di implementasikan melalui produk kami yang sangat aman dan sehat untuk dikonsumsi namun dapat diperoleh dengan harga yang sangat terjangkau. Usaha ini diharapkan mampu bertahan dan berkembang di kemudian hari karena dengan adanya usaha ini dirasa memberikan dampak yang baik bagi kesehatan masyarakat dengan tercukupinya asupan karbohidrat, protein dan vitamin dalam tubuh.

 

A.    Riwayat Para Pendiri

1.      Nama                                 : Novita Kurniasari

Tempat, Tanggal Lahir     : Jakarta, 13 November 2001

Agama                               : Islam

Jenis Kelamin                   : Perempuan

Alamat                              : Jl. KKO Usman dan Harun No.18, Kota Jakarta Pusat

Contact Person                  : 087838700047

2.      Nama                                 : Amiliani Purnawati

Tempat, Tanggal Lahir     : Ciamis, 31 Maret 2001

Agama                               : Islam

Jenis Kelamin                    : Perempuan

Alamat                              : Perumahan Villa Gading Harapan, Kota Bekasi

Contact Person                  : 081210397853

3.      Nama                                 : Alya Hana Hanifa

Tempat, Tanggal Lahr      : Tangerang, 26 Februari 2000

Agama                               : Islam

Jenis Kelamin                    : Perempuan

Alamat                              : Perum, Taman Cibodas, Kota Tanggerang

 

B.     Visi dan Misi

Visi “SIPADUJAM” adalah “Memenuhi Kebutuhan Jajanan Masyarakat Sehingga dapat Mengenyangkan dan Menjadi Mood Booster”. Visi “SIPADUJAM” ini cukup singkat tetapi di setiap katanya memiliki makna yang ingin dicapai. Visi dari perusahaan menunjukkan kedepannya ingin menjadikan singkong dan durian makanan yang kekinian yang disukai masyarakat terutama anak milenial dengan tetap mengedepankan kualitas dan pelayanan kepada konsumen. Sedangkan, misi “SIPADUJAM”, yaitu:

1.      Menyediakan produk singkong dan durian yang berkualitas bagi semua konsumen.

2.      Memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua konsumen untuk menjaga kepuasan dan loyalitas.

3.      Melakukan inovasi produk, meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

BAB II

PEMBAHASAN

 

A.    Aspek Pemasaran

1.      Gambaran Umum Pasar:

Nama Produk        : Singkong Pancake Durian Jam “SIPADUJAM”

Jenis Produk         : Makanan

Ukuran                  : Cup Bulat diameter 13 cm

Manfaat Utama     : Sebagai alternatif makanan siap makan untuk memenuhi karbohidrat, protein dan vitamin masyarakat.

Manfaat Turunan   : Sebagai jajanan atau makanan ringan.

2.      Segmentasi Pasar

a.       Segmen Geografis

Usaha kami berada di Jl. Matraman, Kecamatan Babelan, Kelurahan Kabalen, Kota Bekasi. Tempat yang strategis dikarenakan daerah padat penduduk, mulai dari masyarakat babelan, mahasiswa STIKES, mahasiswa Universitas Bhayangkara, dan dekat dengan Rumah Sakit Ananda.

b.      Segmen Demografis

“SIPADUJAM” adalah produk universal yang dapat dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat baik laki-laki maupun perempuan tanpa membedakan agama, suku, ras, usia, dll.

c.       Segmen Psikografis

Masyarakat Babelan sendiri memiliki beragam perilaku, kelas sosial, gaya hidup serta kepribadian dapat menikmati “SIPADUJAM” karena “SIPADUJAM” adalah makanan siap makan yang mengandung serat, vitamin dan karbohidrat untuk mengganjal perut sehingga dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.

3.      Strategi Pemasaran

a.       Produk

Jenis produk yang ditawarkan oleh “SIPADUJAM” adalah olahan makanan yang menggunakan 2 bahan utama yaitu singkong dan durian. Singkong yang berasal dari petaninya langsung dan sudah pasti terjamin baiknya. Dan menggunakan es krim durian dengan merek ternama. Desain logo “SIPADUJAM” yang digunakan. 



              Logo “SIPADUJAM”

b.       Strategi Harga

Metode penetapan harga pada produk “SIPADUJAM” yang kami gunakan adalah Metode penetapan Harga Mark Up. Dalam metode ini harga jual per unit ditentukan dengan menghitung jumlah seluruh biaya ditambah jumlah tertentu untuk menutupi laba yang dikehendaki pada unit tersebut (margin). Kami menetapkan margin dengan presentase keuntungan yang diinginkan berdasarkan jumlah total biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan “SIPADUJAM”.

c.      Strategi Tempat

Untuk lokasi produksi “SIPADUJAM” ada di daerah Babelan, Kota Bekasi. Lokasi ini dipilih karena perusahaan kami belum memiliki kios, maka kami memproduksi dan memasarkan di rumah salah satu pendiri. Meski begitu tempat usaha yang kami usung sangat strategis dikarenakan daerah padat penduduk, mulai dari masyarakat babelan, mahasiswa STIKES, mahasiswa Universitas Bhayangkara, dan dekat dengan Rumah Sakit Ananda.

d.       Strategi Promosi

Metode promosi yang kami gunakan yaitu Promotion Mix. Strategi yang kami pakai antara lain, pemasaran langsung (direct marketing), penjualan pribadi (personal selling). Dikarenakan perusahaan “SIPADUJAM” baru dirilis beberapa hari terakhir kami belum menggunakan promosi melalui seles promotion. Kami juga mempromosikan melalui media cetak yaitu instagram dengan nama akun @go_sipadujam agar produk kami dikenal oleh masyarakat umum. 

e.       Strategi Distribusi

Strategi penetapan distribusi yang kami gunakan yaitu strategi struktur saluran distribusi. Strategi ini berkaitan dengan penentuan jumlah perantara yang digunakan untuk mendistribusikan barang dari produsen ke konsumen alternatif yang dipilih dapat berupa distribusi langsung atau distribusi tidak langsung. Kami menggunakan alternatif distribusi langsung dimana kami mendistribusikan dan memasarkan produk kami sebagai produsen langsung kepada konsumen tanpa melalui perantara dan tidak menitipkan produk kita ke agen penjual yang lainnya.

f.      Strategi Postioning

Metode pendekatan positioning yang akan kami gunakan pada produk “SIPADUJAM” adalah metode function concept. Metode function concept menonjolkan functional needs dari produk “SIPADUJAM” dimana produk “SIPADUJAM” merupakan produk makanan yang sehat dan ekonomis. Strategi positioning yang kami gunakan adalah penetapan posisi menurut kategori produk harga dan distribusi. Kami menampilkan produk “SIPADUJAM” dengan kemasan praktis siap makan, higienis serta kaya akan karbohidrat dan vitamin yang baik bagi kesehatan dengan harga yang sangat terjangkau. Serta kami juga memberikan kemudahan bagi konsumen mendapatkan produk “SIPADUJAM” dengan efisiensi waktu dan pelayanan yang baik.

 

A


Hasil Wawancara Petani Singkong



Petani singkong yang kami wawancara bernama Pak Rahmat beliau sudah bekerja menjadi petani sekitar 15 tahun. Beliau mulai bertani sekitar umur 25 tahun. Keluh kesah beliau selama menanam singkong, tunas singkong yang masih berukuran kira-kira sejengkal yang hendak ditanam sering mati karna butuh ketelitian dalam penyiraman tidak boleh terlalu basah. Penanam singkong untuk menjadi batang termasuk cepat hanya sekitar seminggu batang singkong sudah menjadi trubusan namun untuk panen menjadi umbi cukup lama sekitar 40 hari sekali baru bisa diambil, jika cuaca kurang mendukung seperti terjadi musim hujan, panen baru bisa diambil sekitar 60 hari. Pak Rahmat untuk menghasilkan uang lebih disetiap harinya tidak hanya menjual umbinya saja dikarenakan memanen umbi singkong bisa dikatakan lama, akhirnya Pak Rahmat lebih memfokuskan menjual daun singkong dan bunga untuk kebutuhan sehari-harinya. Jika panen umbi singkong berlangsung Pak Rahmat tidak memproduksi singkong tersebut hanya menjualnya atau menitipkannya pada tetangga. Beliau memperjualkan singkong 1kg seharga Rp8.000,00.

 

A.    Pengalaman Membuat Singkong

Banyak pengalaman yang bisa kami ambil dari berbisnis “SIPADUJAM” ini. Seperti banyak mendapatkan ilmu baru langsung dari petani singkong. Mengetahui cara menanam singkong dengan baik dengan memperhatikan air yang disiramkan ke tanaman singkong. Mengetahui berapa lama singkong sudah bisa di panen. Belajar mengelola singkong menjadi makanan yang unik dan enak. Pesan yang akan selalu kami ingat dari Pak Rahmat, petani singkong berkata “Kunci utama kesuksesan dimulai dari fisik yang sehat, jika fisik kita sehat apa yang di cita-citakan inshaallah terlaksana”.

Dan yang paling utama kami belajar menjadi pembisnis, walaupun usaha kami sekarang belum besar. Tapi pembalajar dan ilmu yang kami dapat sangat bermanfaat dan memotivasi kami untuk terus mengembangkan usaha ini. Dari berbisnis ini membuat kami merasa berbisnis memang tidak mudah namun jika kami terus berusaha dan melakukan inovasi maka usaha kami akan menjadi besar.  Dari berbisnis ini juga kami menjadi lebih menghargai waktu, usaha dan uang. 

A.    Aspek Produksi dan Operasi

a.      Gambar Produk


b.      Bahan-Bahan dan Alat

·         Bahan-bahan yang digunakan:

1.      570gram tepung pancake

2.      400ml air

3.      Singkong ½ kg

4.      Gula 2 Sendok Makan

5.      Garam ½ sendok teh

6.      Mentega

7.      Es Krim Durian

·         Alat yang digunakan:

1.      Wajan kecil berbentuk bulat

2.      Mixer

3.      Penghancur Singkong

4.      Sendok

5.      Baskom

6.      Piring

c.       Proses Produksi

1.      Singkong terlebih dahulu dikupas dan dicuci bersih.

2.      Lalu singkong diberi garam dan direbus hingga empuk.

3.  Jika singkong sudah matang, dihaluskan terlebih dahulu menggunakan cobek atau penghancur singkong.

4.   Kemudian jika sudah halus campurkan singkong kedalam adonan tepung pancake. 

5.      Agar adonan tercampur dengan rata gunakan mixer dan tuangkan gula dan air sedikit demi sedikit.

6.      Setelah tepung tercampur rata dengan singkong, siapkan wajan kecil berbentuk bulat, nyalakan kompor dengan api kecil tunggu sampai panas lalu masukan mentega.

7.      Setelah itu masukan adonan singkong yang telah tercampur sedikit demi sedikit, bolak balik hingga matang

8.      Jika sudah matang angkat dan letakan di piring

d.       Penyelesaian

Sebelum dimasukan kedalam kemasan tunggu terlebih dahulu hingga dingin agar tidak menguap pada saat dikemas.

e.      Pengemasan

·         Bahan yang digunakan dalam proses pengemasan:

1.      Mika berbentuk bulat

2.      Stiker Logo “SIPADUJAM”

3.      Plastik

·         Proses Pengemasan:

1.      Tempelkan stiker pada mika bagian atas.

2.      Letakan pancake di dalam mika.

3.      Bungkus menggunakan plastik.

 

A.    Perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP)

Rencana Harga Pengeluaran:

Bahan Baku

1.      Singkong 1kg                                Rp8.000,00

2.      Tepung Pancake 570gram             Rp30.000,00

3.      Es Krim Durian                             Rp34.000,00

Total Bahan Baku                                                       Rp72.000,00

Bahan Kemasan

1.      Mika 20pcs                                   Rp8.000,00

2.      Stiker Logo 24pcs                         Rp10.000,00

3.      Plastik                                           Rp10.000,00

Total Bahan Kemasan                                                 Rp28.000,00

Untuk 1 Hari Produksi                                                Rp100.000,00

Biaya-biaya:

Transportasi                                                                 Rp5.000,00

Harga Pokok Produksi (HPP)                                     Rp95.000,00                          

 

A.    Perhitungan Laba Kotor dan Laba Bersih

Perhitungan Laba Bersih

Total Cost

Total Bahan Baku                               Rp100.000,00

Total Biaya                                         Rp5.000,00

TC                                                                              Rp105.000,00

Total Revanue

SIPADUJAM = 18 cup × Rp7.500,00 × 1 Hari

TR                                                                              Rp.135.000,00

Laba Kotor      = Rp135.000,00 – Rp100.000,00

Laba Kotor      = Rp35.000,00

Laba Bersih     = Rp35.000,00 – Rp5000,00

Laba Bersih     = Rp30.000,00




BAB III

PENUTUP

 

A.    Kesimpulan

Mendirikan suatu usaha membutuhkan persiapan dan konsep yang matang. Usaha yang didirikan kami ini diharapkan tidak hanya berdiri pada saat itu saja tetapi juga dapat berkembang menjadi lebih besar lagi. “SIPADUJAM” adalah produk makanan siap makan yang kami usulkan atas dasar kepedulian kami terhadap makanan sehat bagi masyarakat. Usaha ini diharapkan membawa dampak yang baik untuk berbagai pihak. Makalah business plan ini juga diharapkan dapat membantu kami untuk mengevaluasi lebih dalam segala aspek dari fisibilitas “SIPADUJAM”.

 

B.     Saran

Keberhasilan suatu usaha tidak luput dari implementasi strategi-strategi yang telah kami susun. Untuk itu kami membutuhkan kesiapan dan ketepatan dalam mengimplementasikan strategi. Saran dan masukan dari berbagai pihak sangat kami butuhkan demi tercapainya tujuan usaha kami.



LAMPIRAN

 

Link Video Aku Bangga Menjadi Mahasiswa IAIN Saltiga:

https://youtu.be/FLKKpEhQI8sw

 

Link Video Kewirausahaan Singkong Durian “Singkong Pancake Durian Jam”:

https://youtu.be/atMHg2s21sE

 

 











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Proposal Gabin Fla Tape Durian

Makalah Proposal Usaha Tela-tela Singkong

MAKALAH PROPOSAL USAHA “GETHUK LINDRI RASA DURIAN SAKTI MAS”