Singkong Caramel Vla Durian
SINGKONG CARAMEL VLA DURIAN
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen Pengampu : Bapak Turjangun
Anggota kelompok :
DINAR NUR DIANSYAH (63040190123)
REREH NASTITI (63040190127)
DEVI LAILATUL F (63040190128)
RIVA AMI LAURITA (63040190130)
MANAJEMEN BISNIS SYARIAH S1
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA
2021
KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “Singkong Caramel Vla Durian”. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan besar kita, yaitu Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan kepada kita jalan yang lurus berupa ajaran agama islam yang sempurna.
Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah Kewirausahaan oleh Bapak Turjaun. Tak lupa penyusun ucapkan terima kasih kepada dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan atas bimbingan dan arahan dalam penulisan makalah ini, juga kepada rekan-rekan mahasiswa yang telah mendukung sehingga makalah ini dapat diselesaikan.
Penulis berharap, dengan membaca makalah ini dapat memberi manfaat bagi kita semua, semoga hal ini dapat menambah wawasan kita mengenai manfaat singkong, inovasi singkong menjadi rasa durian, hingga pembaca tau terkait hpp. Memang makalah ini masih jauh dari sempurna, maka penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi perbaikan menuju arah yang lebih baik.
Demikan makalah ini, semoga dapat bermanfaat bagi penulis dan yang membacanya, sehingga menambah wawasan dan pengetahuan tentang penulisan ini.
Daftar Isi
Kata Pengantar
BAB I PENDAHLUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
BAB II
PEMBAHASAN
A. Penjelasan tentang singkong
B. Analisis Swot (Strenght, Weaknes, Opportunity, Treath)
C. Strategi STP
D. Cara Membuat Singkong Caramel Vla Durian
E. HPP (Harga Pokok Produksi)
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
BAB I
PENDAHLUAN
A. Latar Belakang
Singkong adalah salah satu jenis umbi-umbian yang banyak tumbuh di Indonesia. SIngkong merupakan Produk pertanian yang sangat cocok untuk di jadikan unit bisnis karena manfaat yang diperoleh dari komoditi tersebut cukup banyak, dilihat dari pangsa pasar yang cukup menggiurkan atas bahan baku singkong. Banyak olahan makanan yang bisa kita buat diri singkong. Saat ini banyak pengusaha makanan melakukan inovasi pada singkong baik dari segi bentuk maupun rasanya.
Inovasi yang akan kami bawa pada makalah ini adalah bagaimana kita bisa memanfaatan bahan baku singkong yang murah menjadi nilai jual yang tinggi. Disini kami ingin menginovasi singkong dengan rasa durian. Dimana inovasi ini ada seiring berkebangnya zaman sekarang. Dengan segmentasi kalangan anak muda dan anak kecil maka mempermudah kita untuk menginovasi singkong menjadi sebuah produk.
B. Rumusan Masalah
1. Penjelasan mengenai singkong
2. Analisis Swot
3. Strategi STP
4. Cara Membuat Singkong Caramel Vla Durian
4. HPP (Harga Pokok Penjualan)
BAB II
PEMBAHASAN
A. Penjelasan tentang Singkong
Apa itu Singkong, dan Bagaimana Inovasi yang akan di buat?
Ketela pohon, ubi kayu, atau singkong (Manihot utilissima) adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae.Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Perdu bisa mencapai 7 meter tinggi, dengan cabang agak jarang. Akar tunggang dengan sejumlah akar cabang yang kemudian membesar menjadi umbi akar yang dapat dimakan. Ukuran umbi rata-rata bergaris tengah 2–3 cm dan panjang 50–80 cm, tergantung dari klon/kultivar. Bagian dalam umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan. Umbi singkong tidak tahan simpan meskipun ditempatkan di lemari pendingin. Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat meracun bagi manusia. Umbi ketela pohon merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein. Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionina.
Umbi singkong dapat dimakan mentah. Kandungan utamanya adalah pati dengan sedikit glukosa sehingga rasanya sedikit manis. Pada keadaan tertentu, terutama bila teroksidasi, akan terbentuk glukosida racun yang selanjutnya membentuk asam sianida (HCN). Sianida ini akan memberikan rasa pahit. Umbi yang rasanya manis menghasilkan paling sedikit 20 mg HCN per kilogram umbi segar, dan 50 kali lebih banyak pada umbi yang rasanya pahit. Proses pemasakan dapat secara efektif menurunkan kadar racun. Dari pati umbi ini dibuat tepung tapioka (kanji) Dimasak dengan berbagai cara, singkong banyak digunakan pada berbagai macam masakan. Direbus untuk menggantikan kentang, dan pelengkap masakan. Tepung singkong dapat digunakan untuk mengganti tepung gandum, baik untuk pengidap alergi. Singkong dapat pula diolah menjadi makanan ringan / cemilan yaitu menjadi keripik singkong. Keripik singkong pun banyak inovasinya,
Inovasi yang kali ini akan kami lakukan adalah memanfaatkan bahan baku singkong dengan varian rasa menjadi rasa durian. Kemudian bagaimana kami bisa mengolah dengan secara sederhana singkong yang ada menjadi sebuah produk yang mempunyai nilai jual yang tinggi. Serta bagaimana kita membuat ini semata-mata ingin memajukan perekonomian Indonesia.
B. Analisis Swot (Strenght, Weaknes, Opportunity, Treath)
Dalam kita menggunakan ataupun membuat sebuah usaha kita harus menggunakan analisis swot agar bisa berjalan secara efektif dan efisien.
Berikut analisis swot yang kami gunakan :
Strength (Kekuatan)
-Bahan Baku Mudah
-Segmentasi yang pas serta akurat
Weaknes (Kelemahan)
-Tidak bisa bertahan lama (maks 3 hari)
Opportunity (Peluang)
-Bisa membuka mitra baru
Treath (Ancaman)
-Pesaing Baru
C. Strategi STP
Strategi STP (Segmentation, Targeting dan Postioning)
1) Segmentation
Demografis, dengan segmentasi ini dilakukan dengan membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan variabel demografi seperti: usia, jenis kelamin, besarnya keluarga, pendapatan, ras, pendidikan dan pekerjaan.
Umur
Produk Singkong Caramel Vla Durian ini dapat dikonsumsi oleh kaum anak-anak hingga dewasa serta lanjut usia.
Jenis Kelamin
Produk Singkong Caramel Vla Durian dapat dikonsumsi oleh semua jenis kelamin.
Pendapatan
Produk Singkong Caramel Vla Durian ini dapat dibeli dengan pendapatan konsumen, dimana pendapatan konsumen golongan menengah keatas dan golongan menengah kebawah. Karena produk Singkong Caramel Vla Durian memiliki harga yang terjangkau untuk golongan tersebut.
Segmentasi Demografik Multivariasi
Produk Singkong Caramel Vla Durian ini diarahkan pada segmentasi umur, jenis kelamin dan pendapatan sehingga produk dapat secara maksimal diterima oleh konsumen dan memberikan suatu kepuasan konsumen.
2) Targeting
Setelah memetakan pasar, tahap targeting adalah membidik kelompok konsumen mana yang akan kita sasar atau strategi target market. Setiap perusahaan pasti memiliki target penjualan produksinya, dalam hal ini target pemasaran Singkong Caramel Vla Durian adalah anak-anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia. Hal ini disebabkan karena gethuk langgeng memiliki tampilan yang unik dan menarik bagi semua kalangan dan juga rasa lezat, gurih dan bergizi juga akan menjadi hal yang menarik bagi konsumen dewasa. Terlebih untuk para wisatawan untuk mencari makanan yang unik untuk dijadikan oleh-oleh, tetapi tidak menghilangkan ciri khas negara Indonesia.
3) Positioning
Pada posisi pasar Singkong Caramel Vla Durian merupakan makanan yang bergizi tanpa adanya bahan pengawet atau bahan kimia yang berbahaya. Kami juga berinovasi pada tampilan dan rasa yang lezat dan kaya akan kandungan yang bergizi dan mampu memberikan kesan cantik dan elegan serta kekinian agar konsumen lebih tertarik dan juga diimbangi oleh bahan dasar yang memberikan gizi baik.
D. Cara Membuat Singkong Caramel Vla Durian
Tahap Pembuatan Caramel
1. Masukkan gula pasir ke dalam panic, lalu masak dengan api sedang cenderung kecil hingga gulanya meleleh
2. setelah gulanya meleleh kemudian di aduk-aduk agar tidak kering dan gosong degan api yang kecil agar caramelnya tidak pahit.
3. setelah semua gula mencair jadi caramelnya matikan kompornyabkemudian angkat dan tuang semua karamelnya ke dalam Loyang.
4. ratakan caramelnya ke Loyang yang ada.
Tahap membuat vla durian
1. Satukan UHT & maizena aduk rata
2. Tambahkan gula, garam, aduk, lalu jerang di atas kompor sampai berbuih
3. Di wadah lain kocok lepas telur, ambil 1\3 adonan dr bahan susu tadi
4. Lalu masukkan ke tulur, aduk rata, lalu masukkan lagi panic susu tadi aduk-aduk
5. Masukkan butter selai durian, perisa rasa durian aduk-aduk, masak sampai mengntal
6. Terakhir masukkan vanilla, aduk rata dan maatikan api
Tahap Pembuatan Singkong
1. Kupas singkongnya terlebih dahalu
2. Kemudian cuci higga bersih
3. Parut singkong tersebut
4. Saring singkong agar terpisah dari airnya, disini saya menyaringnya menggunakan kain bersih agar lebih cepat. Tetapi jangan terlalu kering agar hasil kuenya tidak kaku.
5. Setelah semua singkong selesai diperas, kemudian masukan gula yang sudah di kocok lepas agar lebih mudah tercampur rata.
6. Tambahkan 3 sachet susu uht
7. Tambahkan maargarin yang sudah di lelehkan.
8. Kemudian aduk hingga benar benar tercampur rata.
9. Setelah semua adonan tercampur rata, tuang adonan sampai permukaan rata
10. Setelah semua permukaan rata adonan siap di kukus.
11. Sebelumnya saya sudah siapkan kukusan yang sudah mendidih. Kemudian masukan Loyang nya,kukus dengan cepat sedang selama 1 jam. Atau sampai matang. Jangan lupa tutup kukusan di lapisi dengan kain agar uap air tidak menetes ke adonan
12. Setelah 1 jam bka kukusan lalu angkat dan keluarkan Loyang dan kukusan
13. Setelah dingin suhu ruang, sisir bagian pinggir kue untuk mematikan tidak ada yang menempl
14. Potong sesuai selera
E. HPP (Harga Pokok Produksi).
-Singkong 3Kg Rp. 10.000
Bahan-Bahan
Gula 1kg Rp. 14.000
Susu Rp. 17.000
Telur 1kg Rp. 18.000
Vanili Rp. 1.500
MARGARIN Rp. 2000
Butter Rp. 6000
Selai Durian Rp. 7000
Pensa Durian Rp. 5000
Malzena Rp.3000
-Packing =
Mika 50 pcs Rp. 36.000
Klip Rp.2000
total Rp. 121.500
HPP = Rp. 121.500
Harga Jual = 121.500 + (121.500 x 5%)
= 121.500 + 6,075
=127.575 : 46
= 277 --- 3000
Total Pesanan = 46
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Kesimpulannya adalah bagaimana kita bisa memanfaatkan ketela yang harga jualnya rendah namun bisa di jual dengan inovasi yang baru yang mana bisa meningkatkan kualitas produk dari bahan baku dasarnya adalah ketela sehingga dapat di jual dengan harga yang tinggi. Dengan kreatifitas dari teman-teman mahasiswa yang mana dapat menginovasi ketela menjadi rasa durian. Dan mungkin di luar sana lebih banyak inovasi baru yang belum di ketahui dan perlunya pemasaran yang strategis. Di masa dan era bonus demografi ini bisa membuat kita kalangan milenial menjadi kesemoatan yang bisa di manfaatkan untuk berkreatif mungkin yang mana bisa mendorong kemajuan negri.
Link Youtube
https://youtu.be/qwLZepSrmME
https://youtu.be/mOjWvf5s_JI
Komentar
Posting Komentar