MAKALAH KEWIRAUSAHAAN
Bisnis Keripik Singkong Durian
Dosen Pengampu : Turjangun
Disusun oleh :
Nahda Sania Putri (63010190121)
Lisa Dwi Savitri (63010190123)
Soleh Pidias Safitri (63010190129)
Rahmasyaidah Anggraini (63010190130)
PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN
BISNIS ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM
NEGERI SALATIGA
2021
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia dan hidayah-Nyasehingga penulis
dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “Bisnis Keripik Singkong Durian”. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan besar
kita Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan kepada kita jalan yang lurus
berupa ajaran agama islam yang sempurna.
Penulisan
makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen
mata kuliah Kewirausahaan, Turjangun. Tak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada dosen pengampu
mata kuliah Kewirausahaan atas
bimbingan dan arahan dalam penulisan makalah ini, juga kepada rekan-rekan
mahasiswa yang telah mendukung sehingga makalah ini dapat diselesaikan. Makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Kritik
dan saran yang membangun sangat dibutuhkan untuk kesempurnaan makalah ini
kedepannya agar menjadi lebih baik lagi
Demikan makalah ini, semoga dapat bermanfaat bagi
penulis dan yang membacanya, sehingga menambah wawasan dan pengetahuan tentang
penulisan ini.
Salatiga, 7 Oktober 2021
Penulis
DAFTAR ISI
Contents
d) Tugas Wewenang dan Tanggung Jawab
d) Cara Pembuatan Keripik Singkong
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Di masa sekarang ini dimana
masyarakat kita sudah sangat kritis terhadap mutu makanan yang sehat terutama
makanan yang bersifat cemilan atau jajanan ringan. Terlebih di dalam kebiasaan
masyarakat yang dimana saat mengerjakan suatu pekerjaan atau aktivitas, hobi
atau bahkan saat waktu istirahat pun biasanya tidak terpisahkan dari yang
namanya cemilan atau jajanan ringan yang biasa dibeli dalam bentuk kemasan dari
berbagai toko-toko, retail, supermarket atau bahkan dari stand atau kios yang
sering berada di pinggir jalan. Untuk itu kami bermaksud untuk membuat satu
macam cemilan keripik yang berbahan dasar dari singkong yang aman untuk
dikonsumsi karena higienis, bebas bahan pengawet dan bersih dalam proses
produksi serta tentu saja harus berharga terjangkau oleh masyarakat pada
umumnya.
Dari uraian diatas maka kami
memilih untuk memproduksi serta mengembangkan bisnis keripik singkong dengan
rasa durian dalam kemasan yang bisa disuplai ke warung atau toko yang bekerja sama
atau bisa dijual sendiri. Sengaja kami memilih durian dan singkong sebagai
bahan baku karena singkong durian ini masih jarang dikenal dan rasanya sebagian
besar sangat digemari dan disukai oleh masyarakat kita. Dengan alasan tersebut
diatas akhirnya kami memutuskan untuk merintis usaha keripik singkong dalam
kemasan yang diberi nama dengan keripik singkong durian “SIREN” dengan harapan
semua konsumen yang memakan cemilan produksi kami akan merasakan kesenangan dan
semangat yang maksimal dalam menjalankan aktivitasnya.
B.
Rumusan
Masalah
1.
Apa itu
Keripik Siren?
2.
Bagaimana
rencana usaha keripik Siren?
3.
Bagaimana aspek
produksi keripik Siren?
4.
Bagaimana aspek
lingkungan keripik Siren?
5.
Bagaimana
aspek pemasaran keripik Siren?
6.
Bagaimana aspek
keuangan keripik Siren?
C.
Tujuan
1.
Untuk
mengetahui profil usaha keripik Siren
2.
Untuk
mengetahui rencana usaha keripik Siren
3.
Untuk
mengetahui aspek produksi keripik Siren
4.
Untuk
mengetahui aspek lingkungan keripik Siren
5.
Untuk
mengetahui aspek pemasaran keripik Siren
6.
Untuk
mengetahui aspek keuangan keripik Siren
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Latar
Belakang Usaha
a) Profil Usaha
Nama usaha : Keripik Siren
Jenis usaha : Jajanan atau cemilan
Alamat : Tuntang, Kab. Semarang, Jawa Tengah
Pemilik :
Nahda Sania Putri, Lisa Dwi Savitri, Soleh Pidias Safitri, Rahmasyaidah Anggraini
No. Telp : +6283847975262
Instagram : keripiksiren_sltg
b) Visi dan Misi
Visi
Menciptakan sebuah merk dagang
yang kompetitif dengan mutu kualitas yang terbaik
Misi
1.
Memberikan
hasil produksi dengan mutu yang terbaik kepada masyarakat
2.
Menggunakan
bahan baku berkualitas dalam memproduksi keripik rasa durian
3.
Menggunakan
bahan baku berkualitas dalam memproduksi keripik
4.
Selalu
menjaga kualitas produk demi kepuasan konsumen
5.
Selalu
memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen
c) Struktur Organisasi
Manajer : Soleh Pidias Safitri
Bagian
Produksi : Lisa Dwi Savitri
Bagian
Pemasaran : Rahmasyaidah Anggraini
Bagian
Keuangan : Nahda Sania Putri
d) Tugas Wewenang dan Tanggung Jawab
· Manajer
Manajer
perusahaan bertanggung jawab penuh terhadap seluruh kegiatan yang ada dalam
yaitu menentukan penetapan harga jual produk, menentukan jumlah kapasitas
produksi keripik singkong. Mengawasi kinerja di masing-masing unit. Memeriksa dan
mengawasi ketersediaan bahan baku, termasuk juga mengatasi dan mengawasi hal-hal
yang berhubungan dengan pemasok.
· Bagian Produksi
Tugas bagian
produksi bertanggung jawab secara keseluruhan terhadap kegiatan proses
produksi. Tugas dari bagian produksi, diantaranya melakukan kegiatan produksi,
bertanggung jawab terhadap kualitas input dan output. Selain itu juga ikut
berkordinasi kepada manjer dalam penentapan harga jual produk, masalah-masalah dalam
produksi dan juga membuat perencanaan dan menentukan siklus produksi.
· Bagian Pemasaran
Bagian
pemasaran bertanggung jawab terhadap kegiatan pemasaran produk. Tugasnya adalah
melakukan pencatatan transaksi penjualan dan pembelian produk kepada konsumen,
melakukan sortasi dan pengemasan produk dan mengirim produk kepada konsumen
serta menagih uang langsung ke konsumen, dan membuat konten untuk promosi
disosial media.
· Bagian Keuangan
Bagian
administrasi bertanggung jawab dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan.
Tugasnya adalah melakukan pencatatan transaksi penjualan dan pembelian, serta
membuat pembukuan keuangan bulanan dan tahunan.
B.
Rencana
Usaha
a) Rencana Jangka Pendek
Usaha
produksi keripik singkong ini bertujuan untuk melatih kami sebagai produsenuntuk
bagaimana membangun dan merintis sebuah usaha dengan baik sehingga
dapatmenghasilkan hasil produksi dengan kualitas yang terbaik, dalam artian
jugamenambah keilmuan kami dalam berwirausaha mandiri. Diharapkan juga
secepatnyauntuk mencapai balik modal atau Break Event Point (BEP).
b) Rencana Jangka Menengah
Usaha
produksi keripik singkong ini diharapkan untuk menghasilkan profit keuntungan
yang besar serta merebut perhatian masyarakat untuk dapat menjadi produk
pilihan yang mereka beli dan konsumsi.
c) Rencana Jangka Panjang
Untuk
kedepannya kami akan melihat bagaimana tanggapan masyarakat atas hasil produksi
kami karena akan menjadi dasar pemikiran kami untuk opsi menambah rasa keripik
yang lain seperti keripik singkong rasa original (asin), bbq, keju, balado dan
sebagainya sehingga dengan semakin banyaknya macam-macam dari rasa keripik ini
makadiharapkan dapat menghasilkan keuntungan yang semakin besar. Untuk segi
distribusi tentu saja kami akan selalu mencari celah pemasaran yang semakin
luas demi untuk memperbesar jumlah hasil penjualan produk.
C.
Wawancara
Kami terjun langsung ke
lapangan untuk menggali informasi terkait singkong yang ditanam oleh salah satu
petani singkong di daerah Pilang, Masaran,
Kab. Sragen pada tanggal 2 Oktober 2021 yang bernama Mbah Iman Sumarto.
Berikut hasil wawancara kami dengan Mbah Iman :
Dias : “Mbah, kapan memulai menanam singkong ?”
Mbah : “Saya menanam singkong sudah 2
tahun lalu selanjutnya langsung saya panen dan saya jual perkilo Rp 4.000 kalau
yang dulu mendapatkan uang Rp 4.000.000 yang kedua ini saya ketagihan untuk
menanam lagi disini, saya ini lebih banyak lagi dari pada yang dulu sebabnya
singkong itu banyak yang membeli entah orang desa atau orang lain yang beli.
Sebab singkong itu makanan yang banyak gizi.”
Dias : “Susah senangnya menanam singkong itu apa? Susah dan gampangnya menanam
singkong.”
Mbah : “Susahnya menanam singkong itu kalau musim hujan, singkong saat waktu
panen banyak penghujan banyak yang busuk sebab yang dulu tidak saya rawat
dengan baik maka sekarang saya rawat dengan baik maka sekarang tidak terlalu
terkena air hujan nanti biar tidak busuk, karena kalau busuk bisa rugi,
sekarang sudah saya rawat dengan baik apabila musim penghujan ada beberapa yang
baik bisa di panen.”
Dias : “Kenapa Mbah Kakung mempunyai pemikiran memilih untuk menanam singkong
tidak menanam yang lain ?”
Mbah : “Itu sebabnya sawah saya sudah
ditanami dan subur, kalau yang ada di ladang juga subur dan sudah ditanami
tanaman palawija (makanan pokok) tanaman tersebut tidak membutuhkan banyak air,
air juga tidak dapat tergenang di sekitar tanaman karena itu di ladang.”
Dias : “Ini kalau dijual berapa ya Mbah ?”
Mbah : “Ini klo dijual singkong e ya
sekitar Rp. 5.000 lebar 1.500m².”
Dias : “Kalau
menjual itu dimna Mbah ?”
Mbah : “Kalau menjualnya biasanya sudah diambil langsung sama pengepul,
pemborong, penjual gethuk dan lainnya. Tapi untuk pemanenan selanjutnya akan
saya jual ke peternak hewan (peternak lembu/sapi).”
D.
Aspek
Produksi
a) Produk
Produk yang
kami produksi memiliki bermacam- macam rasa yaitu
1. Keripik
singkong rasa durian
2. Keripik
singkong rasa original
Produk kami
dibuat dengan tingkat higienis dan kebersihan yang tinggi serta tidak
menggunakan bahan-bahan kimia yang dapat merusak kesehatan seperti borax,
formalin, pewarna buatan ataupun bahan berbahaya yang lain dan yang pasti 100%
halal.
b) Rencana Produksi
· Desain Produk
Kami akan
membuat desain kemasan yang sedapat mungkin menarik dan praktis untuk dibawa-bawa
sehingga dapat menjadi pilihan para konsumen produk kami.
· Tempat Usaha
Sementara
ini kami menggunakan salah satu rumah owner sebagai tempat stok barang sehingga
bila ada konsumen yang mau membeli maka kami langsung antar keripik tersebut ke
konsumen tersebut. Kedepannya diharapkan apabila
negosiasi telah tercapai dengan pihak koperasi mahasiswa (kopma fatawa) kami
akan langsung mengirim stok barang ke kopma IAIN Salatiga Kampus I.
· Pengawasan
Kami selaku
produsen selalu membuka komunikasi dengan para konsumen-konsumen kami sehingga
apabila ada kritik ataupun saran maka akan segera kami tindak lanjuti dan
perhatikan. Untuk kualitas produk akan selalu senantiasa kami awasi dan
perhatikan.
c) Proses Produksi
1.
Pengupasan
kulit singkong
Pengupasan
kulit singkong dilakukan dengan menggunakan pisau yang tajam. Pisau dipergunakan
harus diasah terlebih dahulu agar tekstur singkongnya tetap utuh dan tentunya tidak
banyak terbuang.
2.
Pencucian
Pencucian singkong
dilakukan dengan dengan penggunaan air yang mengalir. Sehingga singkong benar
benar bersih dan tentunya agar higienis.
3.
Penirisan
Hasil
cucian singkong tersebut dimasukkan kedalam tempat atau wadah yang berlubang. Supaya
air dari sisa pencucian bisa mengalir keluar dan akan menghasilkan singkong yang
bersih dan kering.
4.
Pemotongan
Singkong
hasil cucian yang telah benar-benar tiris kemudian dipotong dengan alat
pemotong yang telah disediakan. Setelah semua singkong dipotong masukkan ke
dalam baskom yang berisi bumbu halus yang sudah dilarutkan dengan air. Kemudian
masukkan singkong yang telah diiris kedalam air tersebut dan aduk perlahan
selama 5 menit. Lalu diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap ke dalam
singkong.
5.
Penggorengan
dan Pembumbuan
Penggorengan
singkong dilakukan dalam wajan besar dengan minyak panas. Goreng sampai garing
selama kurang lebih 3 menit hingga keripk terlihat kuning kecoklatan dan kering.
6.
Penirisan
Keripik singkong
yang sudah benar-benar matang diangkat kemudian ditiriskan minyaknya diatas saringan
penirisan minyak. Setelah agak dingin pindahkan ke wadah yang dialasi kertas .Ini
dilakukan agar keripik tidak banyak mengandung minyak/basah.
7.
Pendinginan
Keripik singkong
yang telah ditiriskan dari minyak ditampung kedalam kedalam sebuah wadah besar
yang terbuat dari plastik supaya benar-benar dingin dan siap dikemas.
8.
Pengemasan
Keripik yang
sudah didinginkan ditimbang 100 gram dan kemudian segera dikemas dengan plastik
zip lock lalu tidak lupa memasukkan vla durian ke plastik ziplock kecil, agar
konsumen bisa menuangkan vla durian sesuai selera. Tidak lupa juga untuk
menempelkan sticker di kemasan keripik siren.
9.
Pengepakan
Keripik yang
telah dikemas dalam plastik kemudian dimasukkan kedalam kardus agar tertata
rapi.
d) Cara Pembuatan Keripik Singkong
Alat :
1.
Pisau
2.
Alat khusus pemotong
singkong agar menjadi keripik
3.
Cobek
4.
Baskom
5.
Sendok
6.
Wajan
7.
Kompor
8.
Wadah dan
kertas untuk meniriskan minyak
9.
Plastik
ziplock ukuran 14 cm x 22 cm
10.
Plastik zip
lock kecil ukuran 8 cm x 5 cm
Bahan:
1. Singkong segar 1 kg
2. Air 250 ml
Bumbu halus :
·
Untuk
singkong durian :
1.
Gula pasir 1
sdm
2.
Perisa
durian
·
Untuk
singkong original :
1.
Garam halus
3 sdm
2.
Bawang putih
4 siung
3.
Minyak
secukupnya
Cara Membuat:
1.
Singkong
segar dikupas dan dicuci sampai benar-benar bersih
2.
Selanjutnya
iris singkong menggunakan alat khusus, agar hasil irisannya berukuran sama.
3.
Siapkan air
dan masukkan bumbu halus ke dalam baskom yang berisi singkong yang sudah
dipotong tipis dan di rendam kedalam air. Kemudian biarkan selama 60 menit.
4.
Angkat,
kemudian sebelum di jemur triskan dulu, dan dalam proses penjemuran harus
benar-benar kering tanpa terkena sinar matahari
5.
Selanjutnya
goreng singkong pada api sedang sambil terus diaduk. Setelah singkong
mengering, angkat lalu tiriskan.
6.
Biarkan
sampai kering dan dingin,
7.
Pindahkan ke
wadah yang dialasi kertas agar minyak benar-benar berkurang.
8.
Setelah
dingin masukkan keripik singkong ke dalam plastic zip lock dan juga masukkan
bumbu yang sudah dipisahkan kedalam plastik kecil.
9.
Lalu
tempelkan sticker agar konsumen mengenali brand dari produk kami
E.
Aspek
Lingkungan
a) Tempat Usaha
Sementara ini kami menggunakan
salah satu rumah owner sebagai tempat stok barang sehingga bila ada konsumen
yang mau membeli maka kami langsung antar keripik siren ke konsumen tersebut. Kedepannya
diharapkan apabila negosiasi telah tercapai dengan pihak koperasi mahasiswa
(kopma fatawa) kami akan langsung mengirim stok barang ke kopma IAIN Salatiga
Kampus I.
b) Analisis Strategi Pemasaran (STP)
· Segmentasi
Yang menjadi
segmen dari usaha keripik singkong durian ini adalah segmen semua kalangan
· Targeting
Yang menjadi
target market adalah semua kalangan yang menyukai cemilan dengan bahan dasar
singkong dan menyukai rasa durian.
· Positioning
Kami ingin
menciptakan image di benak konsumen sebagai penghasil kripik singkong durain yang
paling diminati.
F.
Aspek
Pemasaran
a) Target Pasar
Target pasar
kami yang sudah berjalan saat ini adalah masyarakat remaja yang senang membeli
jajanan ringan diantaranya siswa, mahasiswa dan pekerja yang kami promosikan
melalu social media berupa WhatsApp, Instagram, dan Shopee. Saat ini juga kami
sedang bernegosiasi dengan beberapa warung untuk dapat bekerjasama dalam hal
penjualan keripik singkong durian ini. Target pasar yang akan datang adalah
semua orang yang berada dilingkungan warung tersebut.
b) Pesaing/Kompetitor
Terdapat
banyak pesaing dalam hal bisnis penjualan cemilan ini diantaranya adalah banyaknya
merk lain yang dijual di warung maupun di toko-toko retail di sekitar Salatiga.
Tapi kami yakin dengan mutu yang terbaik kami dapat merebut hati para calon
konsumen untuk memilih keripik singkong durian hasil produksi kami.
c) Sasaran Pembeli
Dengan harga
jual sebesar Rp 7.500 untuk satu kemasan keripik singkong durian kami maka
sasaran pembeli kami adalah semua orang yang berada di lingkungan rumah sakit
ini berada.
d) Strategi Pemasaran
Beberapa strategi pemasaran yang kami lakukan adalah :
· Penyebaran promosi ke semua orang tentang keripik singkong ini.
· Penyebaran informasi tentang produk ini melalui mekanisme dari mulut ke
mulut untuk dapat memperkuat brand image produk keripik singkong durain ini di
benak para konsumen dan calon konsumen.
· Penyebaran dari media sosial mempromosikan secara online melalui WhatsApp,
Instagram dan Shopee
Untuk link pembelian :
WhatsApp : +6283847975262
Instagram :
https://instagram.com/keripiksiren_sltg?utm_medium=copy_link
Shopee :
https://shopee.co.id/product/150442647/12125303500?smtt=0.150444471-1633793066.3
G.
Aspek
Keuangan
a) Harga
Adapun harga yang kami tawarkan per satu pcs kemasan adalah adalah sebagai
berikut:
Keripik singkong Rp 7.500,-
b) Modal Awal
·
Bahan Baku
Produksi
No |
Bahan |
Jumlah |
Harga |
Total harga |
1 |
Singkong Segar |
8 kg |
Rp 3.000 |
Rp 24.000,00 |
2 |
Perisa Durian |
2 botol |
Rp 17.750 |
Rp 35.500,00 |
3 |
Vla Vanilla |
2 sachet |
Rp 5.500 |
Rp 11.000,00 |
4 |
Minyak Goreng |
1 botol |
Rp 15.000 |
Rp 15.000,00 |
Jumlah |
Rp 85.500,00 |
·
Biaya
Kemasan
No |
Bahan/Perlengkapan |
Jumlah |
Total harga |
1 |
Standing pouch uk 14 cm x 22 cm |
1 pcs |
Rp 28.000 |
2 |
Plastik zip lock kecil uk 8 cm x 5 cm |
1 pcs |
Rp 2.500,00 |
3 |
Stiker |
1 pcs |
Rp 6.000 |
Jumlah |
Rp 36.500 |
·
Biaya
Operasional
No |
Komponen |
Biaya Produksi |
1 |
Gas |
Rp 19.000,00 |
Jumlah |
Rp 19.000,00 |
·
Total Biaya
Biaya
bahan baku untuk produksi |
Rp 85.500,00 |
Biaya Kemasan |
Rp 36.500,00 |
Biaya Operasional |
Rp 19.000,00 |
Total
Biaya |
Rp 141.000 |
c) Kebutuhan Peralatan
1.
Pisau
2.
Alat
pengiris singkong
3.
Baskom
4.
Kompor
5.
Tampah
6.
Mangkong
7.
Plastik
8.
Sendok
9.
Wajan
10.
Gas
11.
Timbangan
d) Pendapatan
Quantity = 33
pcs
HPP = = TC / Q = Rp 141.000,00 / 33 = Rp 4.272,00/pcs = Rp 4.000,00/pcs
Penetapan
harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat
keberlangsungan usaha, dimana kami mencari keuntungan yang relative sehingga
dapat menjalankan usaha secara kontinyu untuk meningkatkan pangsa pasar. Dimana
HPP Rp 4.000, sedangkan dijual Rp 7.500 per pcs ke konsumen.
Penjualan
Penjualan
keripik singkong : Rp. 7.500,00 x 33 = Rp 247.500,00
Pendapatan
penjualan : Rp 247.500,00
Rencana
Pendapatan
Karena kami
open pre order setiap senin - jumat dan ready setiap sabtu dan minggu, maka
bisa dikatakan dalam sebulan kami memproduksi keripik sebanyak 4 kali.
Jumlah
penjualan perminggu x 4 minggu : Rp 247.500,00 x 4 = Rp 990.000,00
Jadi
perkiraan pendapatan perbulan adalah Rp 990.000,00
Laba yang
Peroleh
Laba / pcs = Rp 7.500,00 – Rp 4.000,00 =
Rp 3.500,00
Laba / bulan
= Rp 3.500,00(33 pcs) x 4
minggu = Rp 462.000,00
Untuk usaha
kami laba tergantung permintaan setiap minggunya, semakin banyak permintaan
yang masuk semakin banyak juga laba yang kami peroleh.
Pembagian
Hasil Laba Bulanan
Total laba
per bulan = Rp 462.000,00
Pemilik = Rp 400.000,00 / 4 orang = Rp 100.000,00
Penyimpanan
kas =
Rp 62.000,00
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Demikian business
plan keripik singkong durian ini kami buat dan apabila ada
kekurangan-kekurangan mohon dimaklumi karena setiap manusia pasti akan bisa
belajar dari pengalaman-pengalaman yang telah dilaluinya. Pada intinya adalah
dalam bisnis itu bagaimana cara kita mendapatkan keuntungan yang besar dengan
modal yang seefisien mungkin, tapi tentunya jangan sampai modal yang efisien
tapi mengorbankan mutu dan kualitas produk yang kita hasilkan. Sekali kita bisa
membuat jaringan bisnis kita menjadi kokoh dan terus tumbuh ekspansi maka tidak
mustahil jika bisnis kita menjadi ladang untuk memetik keuntungan yang akan
terus membesar. Kuncinya adalah manajemen yang baik, keinginan yang kuat,
semangat untuk majudan tidak takut jatuh serta disiplin dan jangan sampai lupa
untuk berdoa kepada Allah swt untuk kesuksesan bisnis kita.
B.
Saran
Jangan takut untuk
memulai suatu bisnis karena sesungguhnya halangan terbesar ternyata berasal
dari dalam diri kita sendiri. Sekali telah memulai bisnis maka tekunilah dan
jalankan dengan disiplin untuk mencapai kemajuan. Jangan lupa untuk selalu
menjaga kualitas produk dengan mutu yang terbaik karena sebaik-baiknya iklan
adalah dari mulut-ke mulut dan seburuk-buruknya komplain adalah juga dari mulut
ke mulut, nama besar produk dan brand image adalah aset yang wajib dijaga.
Demikian business plan ini kami buat dan apabila ada salah dalam hal penulisan
maka kami mohon maaf dan mengharapkan saran serta kritik yang membangun, terima
kasih.
Komentar
Posting Komentar