Kelompok 1 kewirausahaan
MAKALAH PROPOSAL USAHA “KLEPON SINGKONG RASA DURIAN” Makalah ini disusun guna
memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan yang diampu oleh bapak Turjangun
Disusun oleh Risalatul Mu’arifah 53050190001 Putri Nur Fatayati 53050190003
Firda Rara Sabrina 53050190028 Sholekhah 53050190031 PROGRAM STUDI S1 AQIDAH DAN
FILSAFAT ISLAM FAKULTAS USHULUDDIN ADAB DAN HUMANIORA INSTITUT AGAMA ISLAM
NEGERI (IAIN) SALATIGA 2021 KATA PENGANTAR Syukur Alhamdulillah senantiasa kami
panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya,
sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini guna memenuhi tugas kelompok untuk
mata kuliah Kewirausahaan dengan judul “KLEPON SINGKONG RASA DURIAN”. Kami
menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini tidak terlepas dari bantuan pihak
yang tulus memberikan saran, kritik sehingga makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini masih jauh dari kata sempurna dikarenakan terbatasnya pengalaman dan
pengetahuan yang kami miliki. Oleh karena itu, kami mengharapkan segala bentuk
saran serta masukan bahkan kritik yang membangun dari berbagai pihak. Kami
berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca.
Salatiga, 14 Oktober 2021 Penyusun DAFTAR ISI MAKALAH PROPOSAL USAHA KATA
PENGANTAR DAFTAR ISI PENDAHULUAN 1.1 Hasil Wawancara dan Latar Belakang 1.2 Visi
dan Misi 1.3 Tujuan dan Manfaat 1.4 Data Perusahaan 1.5 Data Pemilik 1.6 Konsep
Usaha ASPEK PASAR DAN PEMASARAN 2.1 Aspek Pasar 2.2 Aspek Pemasaran 2.3 Analisis
SWOT 2.4 Analisa 4P BAB III ASPEK PRODUKSI 3.1 Deskripsi Produk 3.2 Kualitas
Produk 3.3 Komposisi Produk 3.4 Proses Pembuatan 3.5 Pengemasan Produk ASPEK
KEUANGAN 4.1 Investasi 4.2 Bahan baku untuk produksi 4.3 Biaya operasional BAB V
ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN 5.1 Resiko/Hambatan 5.2 Tindakan Alternatif BAB
VI PENUTUP 6.1 Kesimpulan 6.2 Saran BAB I PENDAHULUAN 1.1 Hasil Wawancara dan
Latar Belakang Kami mewawancarai Ibu Sutiyem sebagai pemilik kebun singkong di
daerah Mendiro, Ungaran. Ibu Sutiyem mulai bertani singkong sekitar 1,5 tahun
yang lalu, kemudian terdapat keluh kesah yang sering dihadapi saat menanam
singkong ini. Keluh kesah yang dihadapi yaitu harga jual yang murah dan sering
kali dimakan hama sebelum dipanen. Kemudian cuaca tidak berpengaruh terhadap
pertumbuhan singkong, karena singkong mudah untuk dikembangbiakkan serta mudah
beradaptasi cuaca dan tanah dengan kondisi apapun. Untuk harga jual per kg jika
singkong bagus yaitu Rp3000. dan biasanya didistribusikan atau dijual di pasar
dan bisa juga dibeli secara langsung semuanya oleh orang. Kemudian dalam sekali
panen menghasilkan kurang lebih 1,5 kwintal. Pada zaman sekarang ini apalagi
saat pandemic covid 19 keadaan perekonomian sangat memprihatinkan, dan juga
banyak kalangan yang tidak memiliki pekerjaan dikarenakan lapangan pekerjaan
yang masih kurang memadai. Oleh sebab itu, saat ini sangat dibutuhkan
bibit-bibit seorang wirausahawan yang dapat menciptakan lapangan kerja untuk
orang lain dengan demikian angka pengangguran di Indonesia dapat berkurang.
Peluang berwirausaha pada sektor makanan sangat terbuka lebar karena semua
manusia membutuhkan makanan. Pada zaman sekarang, daya kreatif seseorang sangat
diperlukan karena semakin kreatif seseorang membuat suatu usaha akan semakin
menarik perhatian konsumen untuk membeli kuliner tersebut. Klepon adalah sejenis
makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk kedalam
kelompok jajanan pasar. Makanan enak ini biasanya terbuat dari tepung beras
ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu
direbus dalam air mendidih. Oleh karena itu, dengan adanya peluang yang
menjanjikan ini maka kami berencana untuk merancang usaha kuliner “Klepon
Singkong Rasa Durian” yang tentunya terdapat perbedaan dalam usaha ini agar para
konsumen lebih tertarik untuk membeli produk kami. Pembuatan Klepon ini yang
bersifat kreatif dilakukan dengan cara menggantikan tepung beras ketan dengan
singkong dan isian durian, hal ini akan membentuk rasa yang unik, harga
penjualan terjangkau, sehingga akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.
1.2 Visi dan Misi Visi “Menghasilkan produk makanan tradisional Indonesia yang
dimodifikasi sedemikian rupa, yang sederhana, berkualitas dan halal serta ramah
dikantong masyarakat luas dengan mengutamakan rasa yang khas lezat serta unik
dengan kemasan yang menarik dan higenis.” Misi ü Menjaga kualitas produk agar
menjadi produk yang berkualitas. ü Selalu memberikan kesan atau pelayanan yang
ramah dan berkesan kepada setiap pelanggan. ü Terus melakukan inovasi agar
selalu menarik minat beli masyarakat. ü Mengedepankan kehigenisan setiap
produksinya. ü Memproduksi dengan rasa yang khas agar makanan Klepon tidak punah
dan dapat dirasakan para penerus generasi masa depan. 1.3 Tujuan dan Manfaat
Adapun tujuan dan manfaat untuk menyusun proposal bisnis ini adalah sebagai
berikut: 1. Menjadikan kami lebih kreatif dan inovatif tentang berwirausaha. 2.
Melatih agar dapat berwirausaha dengan baik. 3. Untuk menambah pengalaman dan
pengetahuan tentang berwirausaha. 4. Dapat belajar dan mengisi waktu dengan
kegiatan yang bermanfaat dan berorientasi pada masa depan. 5. Untuk membantu
berfikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang dijalankan. 6. Untuk dapat
mengasah kemampuan dalam berbisnis sehingga memunculkan banyak ide-ide baru yang
dapat menjadi peluang usaha yang menguntungkan. 1.4 Data Perusahaan 1 Nama
Perusahaan Klepon Arum 2 Bidang Usaha Kuliner 3 Jenis Produk Klepon Singkong 4
Alamat Perusahaan Jl. Ismoyo No. 09, RT 07/RW 01, Dukuh, Sidomukti, Kota
Salatiga 5 Alamat Email Kleponarum@gmail.com 1.5 Data Pemilik NAMA JENIS KELAMIN
ALAMAT PERAN DALAM PERUSAHAAN Risalatul Mu’arifah Perempuam RT 10 RW 04, Karang
Malang, Mangunan lor, kebon agung, Demak Owner Putri Nur Fatayati Perempuan
Ringinsari, RT 01/ RW 03, Sugihmanik, Tanggungharjo, Grobogan. Owner Firda Rara
Sabrina Perempuan Mendiro Rt 06/ RW 07, Kalongan, Ungaran Timur, Semarang. Owner
Sholekhah Perempuan Ngaglik, Rt 06/ Rw 04, Manggung, Sumurarum, Grabag,
Magelang. Owner 1.6 Konsep Usaha Klepon singkong rasa durian ini merupakan suatu
produk olahan singkong yang unik dari kebanyakan produk klepon lainnya, karena
klepon pada umumnya dibuat dari tepung beras ketan akan tetapi produk ini dibuat
menggunakan singkong yang dimodifikasi dengan durian, dimana durian adalah buah
yang banyak disukai oleh semua kalangan, kemudian klepon ini berbeda dari klepon
biasanya karna pada umumnya klepon hanya diisi dengan gula merah dan beraroma
pandan, tetapi pada klepon singkong ini rasanya adalah durian, aromanya sangat
khas dimana hal tersebut dapat menjadi salah satu daya tarik pembelian, hal
tersebut dilakukan karena ingin menjadikan produk yang modern. Selain itu,
klepon singkong ini memiliki harga yang murah dan terjangkau tetapi tidak
menurunkan kualitas, serta dapat disantap dari usia anak-anak hingga dewasa.
Pembeli dapat memesan klepon ini tidak perlu datang ke tempat, tetapi para
pembeli dapat terlebih dahulu memesan lewat media sosial atau nomor yang sudah
disediakan kemudian dapat diantarkan ke alamat pembeli. BAB II ASPEK PASAR DAN
PEMASARAN 2.1 Aspek Pasar 2.1.1 Gambaran Umum Pasar dan Sasaran Usaha penjualan
klepon singkong rasa durian ini merupakan usaha kecil yang dijalankan dari awal
yang bertempat di lokasi salah satu tempat tinggal owner dan penjualan ini
dipasarkan melalui media sosial yaitu Instagram dan Whatsapp. Jika usaha ini
berhasil dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka pemilik akan
memperbesar usaha ini dengan membuka cabang-cabang. 2.1.2 Jenis Produk Yang
Dipasarkan Produk yang kami pasarkan merupakan klepon singkong dengan rasa dan
aroma yang khas yaitu durian dan memiliki tampilan yang menarik serta kemasan
yang kekinian dan juga memiliki kandungan yang bergizi, halal serta manis dan
legit. 2.1.3 Target Pasar Produk klepon singkong ini dapat dinikmati oleh
berbagai kalangan mulai dari anak-anak, mahasiswa, ibu rumah tangga, sampai
dengan lansia sekalipun. 2.1.4 Pesaing Untuk saat ini kami mempunyai beberapa
pesaing yaitu seperti pedagang sekitar yang menjual kue bandung atau toko besar
keripik. Namun, pengaruh pesaing terhadap penjualan Klepon singkong durian tidak
terlalu berpengaruh karena yang menjual Klepon Singkong Durian ini sedikit dan
bahkan tidak ada lalu lokasi kami yang strategis sehingga banyak wisatawan yang
sering membeli klepon singkong durian di sana untuk oleh-oleh. 2.1.5
Differensiasi Strategi differensiasi yang dilakukan pada klepon arum ini adalah
differensiasi produk yang mencakup paada rasa dan tampilan yang menarik yaitu
menggunakan rasa durian dan kandungan gizi yang dihasilkan dari klepon tersebut,
serta memiliki tampilan kemasan yang dilengkapi dengan stiker dengan nuansa
kekinian. 2.1.6 Strategi STP (Segmentation, Targeting dan Postioning) 1)
Segmentation Demografis, dengan segmentasi ini dilakukan dengan membagi pasar ke
dalam kelompok-kelompok berdasarkan variabel demografi seperti: usia, jenis
kelamin, besarnya keluarga, pendapatan, ras, pendidikan dan pekerjaan. · Umur
Produk klepon singkong durian ini dapat dikonsumsi oleh kaum anak-anak hingga
dewasa serta lanjut usia. · Jenis Kelamin Produk klepon singkong durian dapat
dikonsumsi oleh semua jenis kelamin. · Pendapatan Produk klepon singkong durian
ini dapat dibeli dengan pendapatan konsumen, dimana pendapatan konsumen golongan
menengah keatas dan golongan menengah kebawah. Karena produk klepon ssingkong
durian memiliki harga yang terjangkau untuk golongan tersebut. · Segmentasi
Demografik Multivariasi Produk klepon singkong durian ini diarahkan pada
segmentasi umur, jenis kelamin dan pendapatan sehingga produk dapat secara
maksimal diterima oleh konsumen dan memberikan suatu kepuasan konsumen. 2)
Targeting Setelah memetakan pasar, tahap targeting adalah membidik kelompok
konsumen mana yang akan kita sasar atau strategi target market. Setiap
perusahaan pasti memiliki target penjualan produksinya, dalam hal ini target
pemasaran klepon singkong durian adalah anak-anak, remaja, dewasa hingga lanjut
usia. Hal ini disebabkan karena klepon singkong durian memiliki tampilan yang
unik dan menarik bagi semua kalangan dan juga rasa lezat, gurih dan bergizi juga
akan menjadi hal yang menarik bagi konsumen dewasa. Terlebih untuk para
wisatawan untuk mencari makanan yang unik untuk dijadikan oleh-oleh, tetapi
tidak menghilangkan ciri khas negara Indonesia. 3) Positioning Pada posisi pasar
klepon singkong durian merupakan makanan yang bergizi tanpa adanya bahan
pengawet atau bahan kimia yang berbahaya. Kami juga berinovasi pada tampilan dan
rasa yang lezat dan kaya akan kandungan yang bergizi dan mampu memberikan kesan
cantik dan elegan serta kekinian agar konsumen lebih tertarik dan juga diimbangi
oleh bahan dasar yang memberikan gizi baik. 2.2 Aspek Pemasaran 2.2.1 Promosi
Promosi yang akan kami lakukan dengan menyebarkan di sosial media seperti
blogger, instagram dan lain sebagainya. Kemudian pada bulan-bulan pertama kami
juga akan memberikan diskon maupun potongan harga atau beli dua gratis satu
kepada para konsumen, dengan tujuan agar para konsumen tertarik terhadap produk
kami dan dapat berkunjung kembali. 2.2.2 Pengembangan Pasar Tentunya dengan
harapan usaha ini akan berhasil dan selanjutnya kami akan mencoba untuk membuka
cabang “Klepon Singkong Rasa Durian” baik di dalam kota maupun di luar kota,
atau lebih tepatnya di daerah sekitar wisata agar nantinya para konsumen bisa
lebih mengenal keunikan dan citarasa dari makanan ini. 2.2.3 Pengembangan Produk
Pengembangan produk kedepan untuk produk klepon singkong durian ini hanya
dikembangkan dengan cara penyajian ataupun cara peendistribusiannya ke
langganan, dan akan menambah berbagai rasa yang beraneka ragam. Dengan demikian,
jika produk ini unik dan menarik akan menjadi salah satu daya tarik para
konsumen. 2.2.4 Langkah-langkah Promosi Pada permulaan kami akan mencoba
memberikan potongan harga pada konsumen, serta memberikan beli dua gratis satu
dan terus mempertahankan citarasa yang kami punya tanpa mengubahnya ke yang
lebih buruk. 2.3 Analisis SWOT 1. Kekuatan (Strength) a. Klepon singkong durian
ini memiliki tampilan yang unik dan menarik karena dikemas dengan kemasan yang
sangat modern sehingga konsumen dapat tertarik dengan produk ini. b. Selain
kemasan, klepon singkong durian ini memiliki rasa unik dan aroma harum yang kami
sajikan dalam klepon ini. c. Klepon ini memiliki rasa yang lezat karena
pemilihan bahan baku yang berkualitas. d. Harga sangat terjangkau bagi semua
kalangan. e. Lokasi yang strategis dekat dengan tempat wisata dan udara atau
cuaca yang mendukung untuk menyajikan produk ini, dan tentunya tempat mudah
dijangkau oleh konsumen baik dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. f.
Terdapat layanan sistem pemesanan online sehingga konsumen dari berbagai daerah
Salatiga, Ambarawa dan sekitarnya dapat memesan produk ini. 2. Kelemahan
(Weakness) a. Produk hanya satu jenis Produk yang ditawarkan hanya satu jenis
dari kebanyakan kue sederhana yang ada, jika selera konsumen terus berbeda,
bukan tidak mungkin produk ini akan ditinggalkan dan berallih ke produk lain
yang lebih inovatif. b. Masa Kadaluarsa Singkat Klepon singkong durian ini
memiliki masa expired yang singkat, bisa disimpan di dalam lemari pendingin
namun citarasa dari klepon ini dapat berkurang karena dapat mengeras. 3. Peluang
(Opportunities) a. Selera Produk klepon singkong durian membuat ini menjadi
lezat dan mempunyai rasa yang khas. Kreasi rasa ini dimaksudkan untuk membidik
semua segmen pasar sehingga produk ini menjadi suatu selera di masyarakat
sebagai peluang untuk mendapatkan lebih banyak profit. b. Persaingan Melihat
dari persaingan peluang bisnis ini akan sangat menjanjikan sekali, hal ini
karena saingan untuk usaha ini bisa dikatakan belum banyak. 4. Ancaman (Threats)
a. Akan banyak pihak lain yang akan meniru usaha Klepon singkong durian ini
terutama keunikan dan produknya hal ini tentu akan membuat saingan yang baru
bagi kita. b. Terdapat pedagang pasar yang ada di masyarakat dan menjualkan
dagangan klepon mereka dengan harga yang lebih murah. 2.4 Analisa 4P a. Produk
Produk klepon singkong rasa durian ini merupakan makanan camilan atau dessert
yang cocok untuk para penggemar jajanan khas Indonesia. Disamping itu, makanan
ini tidak mengandung bahan pengawet yang membahayakan dan aman untuk dikonsumsi.
Untuk menarik minat pelanggan, produk ini dikemas dengan rapid an disajikan
menarik, praktis dan siap dimakan. b. Harga Jual (Price) Harga jual produk
klepon singkong rasa durian disesuaikan dengan harga para pesaing yakni seharga
Rp5000,00 untuk satu porsi yang isinya terdapat enam pcs klepon dengan ukuran
yang sedang. Dengan tampilan menarik serta rasa yang lezat dan bergizi, klepon
ini dapat menarik minat para konsumen dan juga kaya akan protein serta sebagai
makanan penunda lapar. c. Promosi (Promotion) Promosi pada produk ini dilakukan
dengan memberikan diskon untuk pembelian dalam satu bulan pertama. Promosi yang
kami lakukan yaitu menyebarkan di sosial media seperti Instagram, Whatsapp atau
Blogger dan lain-lain. Pada bulan pertama kami akan memberikan 1 porsi gratis
jika telah membeli 2 porsi di waktu yang sama. d. Sistem Pemasaran dan
Distribusi (Place) Tempat yang kami gunakan dalam usaha ini yaitu berada di
salah satu tempat tinggal pemilik dan kadang kala berkeliling menggunakan sepeda
motor dan berada di daerah kawasan Salatiga dekat tempat wisata. BAB III ASPEK
PRODUKSI 3.1 Deskripsi Produk Klepon merupakan produk makanan sederhana yang
sering di jumpai masyarakat namun pada saat ini makanan tersebut sudah
perlahan-lahan menghilang di pasaran. Maka dari itu kami menciptakan inovasi
baru dengan menambahkan rasa pada produk klepon ini yaitu dengan menambahkan
rasa durian. Rasa klepon yang gurih dipadukan dengan rasa durian yang manis maka
akan menjadi perpaduan rasa yang enak. Dihidangkan selagi hangat bersama
secangkir kopi, atau teh maka klepon rasa durian ini akan menjadi sasaran
dessert atau makanan pengantar yang pas untuk disantap. 3.2 Kualitas Produk
kualitas produk yang kami berikan sangatlah berkualitas karena bahan-bahan yang
digunakan merupakan bahan-bahan alami tanpa mengandung pengawet apapun. 3.3
Komposisi Produk · Singkong · Durian · Tepung Ketan · Kelapa Parut · Gula Pasir
· Air · Pewarna Makanan 3.4 Proses Pembuatan 1. Kupas kulit singkong, cuci
bersih lalu potong menjadi beberpa bagain. 2. Parut singkong lalu tambahkan
tepung ketan secukupnya. 3. Tambahkan gula pasir dan air, aduk hingga kalis.
Pisahkan menjadi beberapa bagian lalu diberi pewarna. 4. Pisahkan biji durian
dari dagingnya. 5. Bentuk adonan bulat-bulat lalu beri isian daging durian. 6.
Panaskan air, jika sudah mendidih masukan klepon. 7. Tunggu selama 15 menit,
jika klepon sudah mengapung angkat dan tiriskan. 8. Beri taburan kelapa parut
diatas klepon. 3.5 Pengemasan Produk Jika konsumen memesan produk untuk take
away, maka klepon rasa durian ini akan dimasukan kedalam mika agar klepon ini
tetap terlihat cantik, sementara untuk pesanan langsung dapat disusun
menggunakan piring saji. BAB IV ASPEK KEUANGAN Kebutuhan modal awal untuk
memulai usaha adalah sebesar untuk sekali produksi. Dana tersebut dialokasikan
untuk kebutuhan pengeluaran awal produksi. Berikut ini adalah rincian kebutuhan
awal yang dibutuhkan untuk menjalankan pada awal produksi. 4.1 Investasi No
Komponen Jumlah Satuan Harga per unit (RP) Total biaya (Rp) Umur ekonomis
(Tahun) Penyusutan/tahun 1 Kompor gas 1 Unit 120.000 120.000 1 16.000 2 Panci 1
Unit 50.000 50.000 3 17.000 3 Pisau 2 Unit 10.000 20.000 2 5.000 4 Baskom 3 Unit
10.000 30.000 3 4.000 5 Talenan 1 Unit 10.000 10.000 2 5.000 Jumah 230.000
47.000 4.2 Bahan baku untuk produksi No Bahan baku Jumlah Total harga
perproduksi Biaya per tahun 1 Singkong 3Kg 15.000 3.600.000 2 Gula pasir 500gr
6.500 1.560.000 3 Durian 500gr 50.000 12.000.000 4 Kelapa Parut 500gr 13.000
3.120.000 5 Tepung Beras Ketan 100gr 3000 720.000 Air 1 ltr 5000 1.200.000
Jumlah 92.500 22.200.000 *1 Bulan = 240 Hari Kerja 4.3 Biaya operasional No
Komponen Biaya Per bulan Biaya per tahun 1 Gas 20.000 240.000 2 Komunikais dan
Promosi 30.000 360.000 3 Tenaga Kerja 1 Orang 800.000 9.600.000 4 Pemeliharaan
Alat 30.000 360.000 Jumlah 880.000 10.560.000 Kebutuhan modal awal untuk memulai
usaha “KLEPON ARUM” adalah sebesar biaya bahan biaya peralatan + biaya bahan
baku produksi + biaya operasional = 230.000 + 92.500 + 880.000 = 1.202.500 ·
Total Biaya : Biaya Investasi 230.000/Tahun Biaya Produksi 22.200.000/Tahun
Biaya Operasional 10.560.000/Tahun Biaya Penyusutan 47.000/Tahun · HARGA POKOK
PRODUKSI (HPP) o Biaya Tetap = biaya penyusutan + Biaya operasional = Rp47.000 +
Rp10.560.000 = Rp10.607.000 /tahun o HPP = Biaya Tetap + Biaya Produksi/jumlah
Produksi = Rp10.607.000 + 22.200.000/(35*240) = Rp10.607.000 + Rp22.200.000 /
9.600 = Rp32.807.000/9.600 = 3,417 atau Rp 3,500 · Harga jual per unit Rp3.500 x
10% = Rp350 Jadi, Rp3.500 + Rp350 = Rp 3.950 Atau Harga Jual Rp4.000 BAB V ASPEK
ORGANISASI DAN MANAJEMEN 5.1 Resiko/Hambatan Selain memiliki peluang usaha, kami
juga memiliki resko yang harus dihadapi dan dicari solusinya . beberapa resiko
yang mungkin akan kami hadapi diantaranya adalah: a. Persaingan Seiring
perkembangan zaman, semakin banyak makanan yang dikreasikan dan dimodifikasi
dari aslinya sehinga banyak konsumen juga akan melirik produk-produk seperti
itu. Atau bisa jadi pesaing dapat menjiplak hasil produk yang dibuat secara
mentah. b. Daya Tahan Produk Produk klepon singkong rasa durian ini tidak
bersifat tahan lama, produk ini hanya bertahan satu hari atau tiga hari di dalam
kulkas. Produk yang kami hasilkan ini tidak menggunakan pengawet maka dari itu
tidak memiliki ketahanan yang cukup lama. Produk yang kami hasilkan tidak tahan
lama dikarenakan salah satu bahan yang digunakan adalah kelapa. 5.2 Tindakan
Alternatif a. Persaingan Usaha yang kami lakukan untuk menarik minat konsumen
yaitu dengan melakukan promosi produk secara berkesinambungan serta membuat
produk dengan tampilan menarik sesuai dengan selera konsumen pada saat ini. Dan
kami juga akan mengadakan diskon kepada pelanggan jika produk yang kami jalankan
ini sudah berhasil. b. Daya Tahan Produk Upaya untuk mengatasi hal tersebut
adalah bisa memperkirakan berapa jumlah penjualan setiap harinnya sehingga
produk bisa habis setiap harinya. BAB VI PENUTUP 6.1 Kesimpulan Dengan melihat
peluang yang ada di pasaran, dimana makanan tradisional ini sudah mulai hilang
perlahan-lahan, klepon merupakan adalah makanan tradisional yang terbuat dengan
bahan utama tepung ketan. Klepon merupakan makanan yang mudah ditemukan di Jawa
Tengah dan Jawa Timur. Kami saat ini mulai berinovasi untuk membuat jajanan khas
Indonesia ini bisa dapat terus dikenal generasi anak muda. Usaha klepon ini
cukup menguntungkan karena peluang pasar yang masih luas, diharapkan bisnis ini
bisa bersaing dengan makanan lain dan menjadi suatu trend di masyarakat, selain
enak, dan terjangkau harga produknya serta menjadi makanan yang bergizi bagi
masyarakat. 6.2 Saran Dari proposal bisnis ini diharapkan usaha ini dapat
berjalan lancar, sesuai yang diharapkan dan banyak diminati konsumen. Saran dari
saya yaitu dalam berbisnis apapun yang kami miliki harus dapat mempunyai sikap
kreativitas dan inovasi yang baik agar para konsumen tidak bosan atau jenuh
untuk memakan atau memakai produk kita. karena untuk zaman generasi muda
sekarang, semisal jika kita tidak kreatif seunik mungkin, kita dapat kalah oleh
para pesaing yang atau kalah dengan makan yang kekinian atau booming. Dalam
berbisnis pembuatan klepon singkong durian ini kita harus mempunyai konsep untuk
unik untuk para konsumen, sehingga banyak konsumen yang mau membeli produk kita,
kita juga harus memperhatikan minat masyarakat untuk pengembangan produk kita.
DAFTAR GAMBAR Berikut daftar link video : Video wawancara
https://youtu.be/R-2bCodtqLA Video cara meembuat klepon singkong durian
https://youtu.be/Mpc17sLSrk8 Video aku bangga menjadi mahasiswa IAIN Salatiga
https://youtu.be/l1tI58mGGn8
Komentar
Posting Komentar