Kelompok 1 kewirausahaan

MAKALAH PROPOSAL USAHA “KLEPON SINGKONG RASA DURIAN” Makalah ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan yang diampu oleh bapak Turjangun Disusun oleh Risalatul Mu’arifah 53050190001 Putri Nur Fatayati 53050190003 Firda Rara Sabrina 53050190028 Sholekhah 53050190031 PROGRAM STUDI S1 AQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM FAKULTAS USHULUDDIN ADAB DAN HUMANIORA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SALATIGA 2021 KATA PENGANTAR Syukur Alhamdulillah senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini guna memenuhi tugas kelompok untuk mata kuliah Kewirausahaan dengan judul “KLEPON SINGKONG RASA DURIAN”. Kami menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini tidak terlepas dari bantuan pihak yang tulus memberikan saran, kritik sehingga makalah ini dapat terselesaikan. Makalah ini masih jauh dari kata sempurna dikarenakan terbatasnya pengalaman dan pengetahuan yang kami miliki. Oleh karena itu, kami mengharapkan segala bentuk saran serta masukan bahkan kritik yang membangun dari berbagai pihak. Kami berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Salatiga, 14 Oktober 2021 Penyusun DAFTAR ISI MAKALAH PROPOSAL USAHA KATA PENGANTAR DAFTAR ISI PENDAHULUAN 1.1 Hasil Wawancara dan Latar Belakang 1.2 Visi dan Misi 1.3 Tujuan dan Manfaat 1.4 Data Perusahaan 1.5 Data Pemilik 1.6 Konsep Usaha ASPEK PASAR DAN PEMASARAN 2.1 Aspek Pasar 2.2 Aspek Pemasaran 2.3 Analisis SWOT 2.4 Analisa 4P BAB III ASPEK PRODUKSI 3.1 Deskripsi Produk 3.2 Kualitas Produk 3.3 Komposisi Produk 3.4 Proses Pembuatan 3.5 Pengemasan Produk ASPEK KEUANGAN 4.1 Investasi 4.2 Bahan baku untuk produksi 4.3 Biaya operasional BAB V ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN 5.1 Resiko/Hambatan 5.2 Tindakan Alternatif BAB VI PENUTUP 6.1 Kesimpulan 6.2 Saran BAB I PENDAHULUAN 1.1 Hasil Wawancara dan Latar Belakang Kami mewawancarai Ibu Sutiyem sebagai pemilik kebun singkong di daerah Mendiro, Ungaran. Ibu Sutiyem mulai bertani singkong sekitar 1,5 tahun yang lalu, kemudian terdapat keluh kesah yang sering dihadapi saat menanam singkong ini. Keluh kesah yang dihadapi yaitu harga jual yang murah dan sering kali dimakan hama sebelum dipanen. Kemudian cuaca tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan singkong, karena singkong mudah untuk dikembangbiakkan serta mudah beradaptasi cuaca dan tanah dengan kondisi apapun. Untuk harga jual per kg jika singkong bagus yaitu Rp3000. dan biasanya didistribusikan atau dijual di pasar dan bisa juga dibeli secara langsung semuanya oleh orang. Kemudian dalam sekali panen menghasilkan kurang lebih 1,5 kwintal. Pada zaman sekarang ini apalagi saat pandemic covid 19 keadaan perekonomian sangat memprihatinkan, dan juga banyak kalangan yang tidak memiliki pekerjaan dikarenakan lapangan pekerjaan yang masih kurang memadai. Oleh sebab itu, saat ini sangat dibutuhkan bibit-bibit seorang wirausahawan yang dapat menciptakan lapangan kerja untuk orang lain dengan demikian angka pengangguran di Indonesia dapat berkurang. Peluang berwirausaha pada sektor makanan sangat terbuka lebar karena semua manusia membutuhkan makanan. Pada zaman sekarang, daya kreatif seseorang sangat diperlukan karena semakin kreatif seseorang membuat suatu usaha akan semakin menarik perhatian konsumen untuk membeli kuliner tersebut. Klepon adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk kedalam kelompok jajanan pasar. Makanan enak ini biasanya terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Oleh karena itu, dengan adanya peluang yang menjanjikan ini maka kami berencana untuk merancang usaha kuliner “Klepon Singkong Rasa Durian” yang tentunya terdapat perbedaan dalam usaha ini agar para konsumen lebih tertarik untuk membeli produk kami. Pembuatan Klepon ini yang bersifat kreatif dilakukan dengan cara menggantikan tepung beras ketan dengan singkong dan isian durian, hal ini akan membentuk rasa yang unik, harga penjualan terjangkau, sehingga akan menarik minat masyarakat untuk membelinya. 1.2 Visi dan Misi Visi “Menghasilkan produk makanan tradisional Indonesia yang dimodifikasi sedemikian rupa, yang sederhana, berkualitas dan halal serta ramah dikantong masyarakat luas dengan mengutamakan rasa yang khas lezat serta unik dengan kemasan yang menarik dan higenis.” Misi ü Menjaga kualitas produk agar menjadi produk yang berkualitas. ü Selalu memberikan kesan atau pelayanan yang ramah dan berkesan kepada setiap pelanggan. ü Terus melakukan inovasi agar selalu menarik minat beli masyarakat. ü Mengedepankan kehigenisan setiap produksinya. ü Memproduksi dengan rasa yang khas agar makanan Klepon tidak punah dan dapat dirasakan para penerus generasi masa depan. 1.3 Tujuan dan Manfaat Adapun tujuan dan manfaat untuk menyusun proposal bisnis ini adalah sebagai berikut: 1. Menjadikan kami lebih kreatif dan inovatif tentang berwirausaha. 2. Melatih agar dapat berwirausaha dengan baik. 3. Untuk menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha. 4. Dapat belajar dan mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat dan berorientasi pada masa depan. 5. Untuk membantu berfikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang dijalankan. 6. Untuk dapat mengasah kemampuan dalam berbisnis sehingga memunculkan banyak ide-ide baru yang dapat menjadi peluang usaha yang menguntungkan. 1.4 Data Perusahaan 1 Nama Perusahaan Klepon Arum 2 Bidang Usaha Kuliner 3 Jenis Produk Klepon Singkong 4 Alamat Perusahaan Jl. Ismoyo No. 09, RT 07/RW 01, Dukuh, Sidomukti, Kota Salatiga 5 Alamat Email Kleponarum@gmail.com 1.5 Data Pemilik NAMA JENIS KELAMIN ALAMAT PERAN DALAM PERUSAHAAN Risalatul Mu’arifah Perempuam RT 10 RW 04, Karang Malang, Mangunan lor, kebon agung, Demak Owner Putri Nur Fatayati Perempuan Ringinsari, RT 01/ RW 03, Sugihmanik, Tanggungharjo, Grobogan. Owner Firda Rara Sabrina Perempuan Mendiro Rt 06/ RW 07, Kalongan, Ungaran Timur, Semarang. Owner Sholekhah Perempuan Ngaglik, Rt 06/ Rw 04, Manggung, Sumurarum, Grabag, Magelang. Owner 1.6 Konsep Usaha Klepon singkong rasa durian ini merupakan suatu produk olahan singkong yang unik dari kebanyakan produk klepon lainnya, karena klepon pada umumnya dibuat dari tepung beras ketan akan tetapi produk ini dibuat menggunakan singkong yang dimodifikasi dengan durian, dimana durian adalah buah yang banyak disukai oleh semua kalangan, kemudian klepon ini berbeda dari klepon biasanya karna pada umumnya klepon hanya diisi dengan gula merah dan beraroma pandan, tetapi pada klepon singkong ini rasanya adalah durian, aromanya sangat khas dimana hal tersebut dapat menjadi salah satu daya tarik pembelian, hal tersebut dilakukan karena ingin menjadikan produk yang modern. Selain itu, klepon singkong ini memiliki harga yang murah dan terjangkau tetapi tidak menurunkan kualitas, serta dapat disantap dari usia anak-anak hingga dewasa. Pembeli dapat memesan klepon ini tidak perlu datang ke tempat, tetapi para pembeli dapat terlebih dahulu memesan lewat media sosial atau nomor yang sudah disediakan kemudian dapat diantarkan ke alamat pembeli. BAB II ASPEK PASAR DAN PEMASARAN 2.1 Aspek Pasar 2.1.1 Gambaran Umum Pasar dan Sasaran Usaha penjualan klepon singkong rasa durian ini merupakan usaha kecil yang dijalankan dari awal yang bertempat di lokasi salah satu tempat tinggal owner dan penjualan ini dipasarkan melalui media sosial yaitu Instagram dan Whatsapp. Jika usaha ini berhasil dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka pemilik akan memperbesar usaha ini dengan membuka cabang-cabang. 2.1.2 Jenis Produk Yang Dipasarkan Produk yang kami pasarkan merupakan klepon singkong dengan rasa dan aroma yang khas yaitu durian dan memiliki tampilan yang menarik serta kemasan yang kekinian dan juga memiliki kandungan yang bergizi, halal serta manis dan legit. 2.1.3 Target Pasar Produk klepon singkong ini dapat dinikmati oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak, mahasiswa, ibu rumah tangga, sampai dengan lansia sekalipun. 2.1.4 Pesaing Untuk saat ini kami mempunyai beberapa pesaing yaitu seperti pedagang sekitar yang menjual kue bandung atau toko besar keripik. Namun, pengaruh pesaing terhadap penjualan Klepon singkong durian tidak terlalu berpengaruh karena yang menjual Klepon Singkong Durian ini sedikit dan bahkan tidak ada lalu lokasi kami yang strategis sehingga banyak wisatawan yang sering membeli klepon singkong durian di sana untuk oleh-oleh. 2.1.5 Differensiasi Strategi differensiasi yang dilakukan pada klepon arum ini adalah differensiasi produk yang mencakup paada rasa dan tampilan yang menarik yaitu menggunakan rasa durian dan kandungan gizi yang dihasilkan dari klepon tersebut, serta memiliki tampilan kemasan yang dilengkapi dengan stiker dengan nuansa kekinian. 2.1.6 Strategi STP (Segmentation, Targeting dan Postioning) 1) Segmentation Demografis, dengan segmentasi ini dilakukan dengan membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan variabel demografi seperti: usia, jenis kelamin, besarnya keluarga, pendapatan, ras, pendidikan dan pekerjaan. · Umur Produk klepon singkong durian ini dapat dikonsumsi oleh kaum anak-anak hingga dewasa serta lanjut usia. · Jenis Kelamin Produk klepon singkong durian dapat dikonsumsi oleh semua jenis kelamin. · Pendapatan Produk klepon singkong durian ini dapat dibeli dengan pendapatan konsumen, dimana pendapatan konsumen golongan menengah keatas dan golongan menengah kebawah. Karena produk klepon ssingkong durian memiliki harga yang terjangkau untuk golongan tersebut. · Segmentasi Demografik Multivariasi Produk klepon singkong durian ini diarahkan pada segmentasi umur, jenis kelamin dan pendapatan sehingga produk dapat secara maksimal diterima oleh konsumen dan memberikan suatu kepuasan konsumen. 2) Targeting Setelah memetakan pasar, tahap targeting adalah membidik kelompok konsumen mana yang akan kita sasar atau strategi target market. Setiap perusahaan pasti memiliki target penjualan produksinya, dalam hal ini target pemasaran klepon singkong durian adalah anak-anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia. Hal ini disebabkan karena klepon singkong durian memiliki tampilan yang unik dan menarik bagi semua kalangan dan juga rasa lezat, gurih dan bergizi juga akan menjadi hal yang menarik bagi konsumen dewasa. Terlebih untuk para wisatawan untuk mencari makanan yang unik untuk dijadikan oleh-oleh, tetapi tidak menghilangkan ciri khas negara Indonesia. 3) Positioning Pada posisi pasar klepon singkong durian merupakan makanan yang bergizi tanpa adanya bahan pengawet atau bahan kimia yang berbahaya. Kami juga berinovasi pada tampilan dan rasa yang lezat dan kaya akan kandungan yang bergizi dan mampu memberikan kesan cantik dan elegan serta kekinian agar konsumen lebih tertarik dan juga diimbangi oleh bahan dasar yang memberikan gizi baik. 2.2 Aspek Pemasaran 2.2.1 Promosi Promosi yang akan kami lakukan dengan menyebarkan di sosial media seperti blogger, instagram dan lain sebagainya. Kemudian pada bulan-bulan pertama kami juga akan memberikan diskon maupun potongan harga atau beli dua gratis satu kepada para konsumen, dengan tujuan agar para konsumen tertarik terhadap produk kami dan dapat berkunjung kembali. 2.2.2 Pengembangan Pasar Tentunya dengan harapan usaha ini akan berhasil dan selanjutnya kami akan mencoba untuk membuka cabang “Klepon Singkong Rasa Durian” baik di dalam kota maupun di luar kota, atau lebih tepatnya di daerah sekitar wisata agar nantinya para konsumen bisa lebih mengenal keunikan dan citarasa dari makanan ini. 2.2.3 Pengembangan Produk Pengembangan produk kedepan untuk produk klepon singkong durian ini hanya dikembangkan dengan cara penyajian ataupun cara peendistribusiannya ke langganan, dan akan menambah berbagai rasa yang beraneka ragam. Dengan demikian, jika produk ini unik dan menarik akan menjadi salah satu daya tarik para konsumen. 2.2.4 Langkah-langkah Promosi Pada permulaan kami akan mencoba memberikan potongan harga pada konsumen, serta memberikan beli dua gratis satu dan terus mempertahankan citarasa yang kami punya tanpa mengubahnya ke yang lebih buruk. 2.3 Analisis SWOT 1. Kekuatan (Strength) a. Klepon singkong durian ini memiliki tampilan yang unik dan menarik karena dikemas dengan kemasan yang sangat modern sehingga konsumen dapat tertarik dengan produk ini. b. Selain kemasan, klepon singkong durian ini memiliki rasa unik dan aroma harum yang kami sajikan dalam klepon ini. c. Klepon ini memiliki rasa yang lezat karena pemilihan bahan baku yang berkualitas. d. Harga sangat terjangkau bagi semua kalangan. e. Lokasi yang strategis dekat dengan tempat wisata dan udara atau cuaca yang mendukung untuk menyajikan produk ini, dan tentunya tempat mudah dijangkau oleh konsumen baik dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. f. Terdapat layanan sistem pemesanan online sehingga konsumen dari berbagai daerah Salatiga, Ambarawa dan sekitarnya dapat memesan produk ini. 2. Kelemahan (Weakness) a. Produk hanya satu jenis Produk yang ditawarkan hanya satu jenis dari kebanyakan kue sederhana yang ada, jika selera konsumen terus berbeda, bukan tidak mungkin produk ini akan ditinggalkan dan berallih ke produk lain yang lebih inovatif. b. Masa Kadaluarsa Singkat Klepon singkong durian ini memiliki masa expired yang singkat, bisa disimpan di dalam lemari pendingin namun citarasa dari klepon ini dapat berkurang karena dapat mengeras. 3. Peluang (Opportunities) a. Selera Produk klepon singkong durian membuat ini menjadi lezat dan mempunyai rasa yang khas. Kreasi rasa ini dimaksudkan untuk membidik semua segmen pasar sehingga produk ini menjadi suatu selera di masyarakat sebagai peluang untuk mendapatkan lebih banyak profit. b. Persaingan Melihat dari persaingan peluang bisnis ini akan sangat menjanjikan sekali, hal ini karena saingan untuk usaha ini bisa dikatakan belum banyak. 4. Ancaman (Threats) a. Akan banyak pihak lain yang akan meniru usaha Klepon singkong durian ini terutama keunikan dan produknya hal ini tentu akan membuat saingan yang baru bagi kita. b. Terdapat pedagang pasar yang ada di masyarakat dan menjualkan dagangan klepon mereka dengan harga yang lebih murah. 2.4 Analisa 4P a. Produk Produk klepon singkong rasa durian ini merupakan makanan camilan atau dessert yang cocok untuk para penggemar jajanan khas Indonesia. Disamping itu, makanan ini tidak mengandung bahan pengawet yang membahayakan dan aman untuk dikonsumsi. Untuk menarik minat pelanggan, produk ini dikemas dengan rapid an disajikan menarik, praktis dan siap dimakan. b. Harga Jual (Price) Harga jual produk klepon singkong rasa durian disesuaikan dengan harga para pesaing yakni seharga Rp5000,00 untuk satu porsi yang isinya terdapat enam pcs klepon dengan ukuran yang sedang. Dengan tampilan menarik serta rasa yang lezat dan bergizi, klepon ini dapat menarik minat para konsumen dan juga kaya akan protein serta sebagai makanan penunda lapar. c. Promosi (Promotion) Promosi pada produk ini dilakukan dengan memberikan diskon untuk pembelian dalam satu bulan pertama. Promosi yang kami lakukan yaitu menyebarkan di sosial media seperti Instagram, Whatsapp atau Blogger dan lain-lain. Pada bulan pertama kami akan memberikan 1 porsi gratis jika telah membeli 2 porsi di waktu yang sama. d. Sistem Pemasaran dan Distribusi (Place) Tempat yang kami gunakan dalam usaha ini yaitu berada di salah satu tempat tinggal pemilik dan kadang kala berkeliling menggunakan sepeda motor dan berada di daerah kawasan Salatiga dekat tempat wisata. BAB III ASPEK PRODUKSI 3.1 Deskripsi Produk Klepon merupakan produk makanan sederhana yang sering di jumpai masyarakat namun pada saat ini makanan tersebut sudah perlahan-lahan menghilang di pasaran. Maka dari itu kami menciptakan inovasi baru dengan menambahkan rasa pada produk klepon ini yaitu dengan menambahkan rasa durian. Rasa klepon yang gurih dipadukan dengan rasa durian yang manis maka akan menjadi perpaduan rasa yang enak. Dihidangkan selagi hangat bersama secangkir kopi, atau teh maka klepon rasa durian ini akan menjadi sasaran dessert atau makanan pengantar yang pas untuk disantap. 3.2 Kualitas Produk kualitas produk yang kami berikan sangatlah berkualitas karena bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan alami tanpa mengandung pengawet apapun. 3.3 Komposisi Produk · Singkong · Durian · Tepung Ketan · Kelapa Parut · Gula Pasir · Air · Pewarna Makanan 3.4 Proses Pembuatan 1. Kupas kulit singkong, cuci bersih lalu potong menjadi beberpa bagain. 2. Parut singkong lalu tambahkan tepung ketan secukupnya. 3. Tambahkan gula pasir dan air, aduk hingga kalis. Pisahkan menjadi beberapa bagian lalu diberi pewarna. 4. Pisahkan biji durian dari dagingnya. 5. Bentuk adonan bulat-bulat lalu beri isian daging durian. 6. Panaskan air, jika sudah mendidih masukan klepon. 7. Tunggu selama 15 menit, jika klepon sudah mengapung angkat dan tiriskan. 8. Beri taburan kelapa parut diatas klepon. 3.5 Pengemasan Produk Jika konsumen memesan produk untuk take away, maka klepon rasa durian ini akan dimasukan kedalam mika agar klepon ini tetap terlihat cantik, sementara untuk pesanan langsung dapat disusun menggunakan piring saji. BAB IV ASPEK KEUANGAN Kebutuhan modal awal untuk memulai usaha adalah sebesar untuk sekali produksi. Dana tersebut dialokasikan untuk kebutuhan pengeluaran awal produksi. Berikut ini adalah rincian kebutuhan awal yang dibutuhkan untuk menjalankan pada awal produksi. 4.1 Investasi No Komponen Jumlah Satuan Harga per unit (RP) Total biaya (Rp) Umur ekonomis (Tahun) Penyusutan/tahun 1 Kompor gas 1 Unit 120.000 120.000 1 16.000 2 Panci 1 Unit 50.000 50.000 3 17.000 3 Pisau 2 Unit 10.000 20.000 2 5.000 4 Baskom 3 Unit 10.000 30.000 3 4.000 5 Talenan 1 Unit 10.000 10.000 2 5.000 Jumah 230.000 47.000 4.2 Bahan baku untuk produksi No Bahan baku Jumlah Total harga perproduksi Biaya per tahun 1 Singkong 3Kg 15.000 3.600.000 2 Gula pasir 500gr 6.500 1.560.000 3 Durian 500gr 50.000 12.000.000 4 Kelapa Parut 500gr 13.000 3.120.000 5 Tepung Beras Ketan 100gr 3000 720.000 Air 1 ltr 5000 1.200.000 Jumlah 92.500 22.200.000 *1 Bulan = 240 Hari Kerja 4.3 Biaya operasional No Komponen Biaya Per bulan Biaya per tahun 1 Gas 20.000 240.000 2 Komunikais dan Promosi 30.000 360.000 3 Tenaga Kerja 1 Orang 800.000 9.600.000 4 Pemeliharaan Alat 30.000 360.000 Jumlah 880.000 10.560.000 Kebutuhan modal awal untuk memulai usaha “KLEPON ARUM” adalah sebesar biaya bahan biaya peralatan + biaya bahan baku produksi + biaya operasional = 230.000 + 92.500 + 880.000 = 1.202.500 · Total Biaya : Biaya Investasi 230.000/Tahun Biaya Produksi 22.200.000/Tahun Biaya Operasional 10.560.000/Tahun Biaya Penyusutan 47.000/Tahun · HARGA POKOK PRODUKSI (HPP) o Biaya Tetap = biaya penyusutan + Biaya operasional = Rp47.000 + Rp10.560.000 = Rp10.607.000 /tahun o HPP = Biaya Tetap + Biaya Produksi/jumlah Produksi = Rp10.607.000 + 22.200.000/(35*240) = Rp10.607.000 + Rp22.200.000 / 9.600 = Rp32.807.000/9.600 = 3,417 atau Rp 3,500 · Harga jual per unit Rp3.500 x 10% = Rp350 Jadi, Rp3.500 + Rp350 = Rp 3.950 Atau Harga Jual Rp4.000 BAB V ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN 5.1 Resiko/Hambatan Selain memiliki peluang usaha, kami juga memiliki resko yang harus dihadapi dan dicari solusinya . beberapa resiko yang mungkin akan kami hadapi diantaranya adalah: a. Persaingan Seiring perkembangan zaman, semakin banyak makanan yang dikreasikan dan dimodifikasi dari aslinya sehinga banyak konsumen juga akan melirik produk-produk seperti itu. Atau bisa jadi pesaing dapat menjiplak hasil produk yang dibuat secara mentah. b. Daya Tahan Produk Produk klepon singkong rasa durian ini tidak bersifat tahan lama, produk ini hanya bertahan satu hari atau tiga hari di dalam kulkas. Produk yang kami hasilkan ini tidak menggunakan pengawet maka dari itu tidak memiliki ketahanan yang cukup lama. Produk yang kami hasilkan tidak tahan lama dikarenakan salah satu bahan yang digunakan adalah kelapa. 5.2 Tindakan Alternatif a. Persaingan Usaha yang kami lakukan untuk menarik minat konsumen yaitu dengan melakukan promosi produk secara berkesinambungan serta membuat produk dengan tampilan menarik sesuai dengan selera konsumen pada saat ini. Dan kami juga akan mengadakan diskon kepada pelanggan jika produk yang kami jalankan ini sudah berhasil. b. Daya Tahan Produk Upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah bisa memperkirakan berapa jumlah penjualan setiap harinnya sehingga produk bisa habis setiap harinya. BAB VI PENUTUP 6.1 Kesimpulan Dengan melihat peluang yang ada di pasaran, dimana makanan tradisional ini sudah mulai hilang perlahan-lahan, klepon merupakan adalah makanan tradisional yang terbuat dengan bahan utama tepung ketan. Klepon merupakan makanan yang mudah ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kami saat ini mulai berinovasi untuk membuat jajanan khas Indonesia ini bisa dapat terus dikenal generasi anak muda. Usaha klepon ini cukup menguntungkan karena peluang pasar yang masih luas, diharapkan bisnis ini bisa bersaing dengan makanan lain dan menjadi suatu trend di masyarakat, selain enak, dan terjangkau harga produknya serta menjadi makanan yang bergizi bagi masyarakat. 6.2 Saran Dari proposal bisnis ini diharapkan usaha ini dapat berjalan lancar, sesuai yang diharapkan dan banyak diminati konsumen. Saran dari saya yaitu dalam berbisnis apapun yang kami miliki harus dapat mempunyai sikap kreativitas dan inovasi yang baik agar para konsumen tidak bosan atau jenuh untuk memakan atau memakai produk kita. karena untuk zaman generasi muda sekarang, semisal jika kita tidak kreatif seunik mungkin, kita dapat kalah oleh para pesaing yang atau kalah dengan makan yang kekinian atau booming. Dalam berbisnis pembuatan klepon singkong durian ini kita harus mempunyai konsep untuk unik untuk para konsumen, sehingga banyak konsumen yang mau membeli produk kita, kita juga harus memperhatikan minat masyarakat untuk pengembangan produk kita. DAFTAR GAMBAR Berikut daftar link video : Video wawancara https://youtu.be/R-2bCodtqLA Video cara meembuat klepon singkong durian https://youtu.be/Mpc17sLSrk8 Video aku bangga menjadi mahasiswa IAIN Salatiga https://youtu.be/l1tI58mGGn8

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Proposal Gabin Fla Tape Durian

Makalah Proposal Usaha Tela-tela Singkong

MAKALAH PROPOSAL USAHA “GETHUK LINDRI RASA DURIAN SAKTI MAS”